Singer Manual, Mesin Jahit Pertama Paling Primitif

Mesin jahit merupakan mesin yang digunakan untuk menjahit kain-kain agar bisa menjadi sebuah pakaian. Mesin jahit sendiri sudah ada sejak zaman dahulu, dan jenis mesin jahit pertama yang digunakan adalah mesin jahit manual. Mesin singer jahit manual atau juga biasa disebut dengan mesin jahit konvensional merupakan jenis mesin jahit pertama kali yang banyak digunakan oleh para penjahit. Kini harga mesin jahit singer manual sudah relatif murah karena sudah ada banyak generasi mesin jahit terbaru yang diproduksi.

Singer-Manual-2-1

Perkembangan mesin jahit dari masa ke masa
Seiring berjalannya waktu, kemudian mesin jahit terus mengalami perkembangan yang signifikan. Diantaranya seperti kehadiran mesin jahit manual yang dapdat digunakan untuk jahitan zig-zag, hingga mesin jahit yang dilengkapi dengan kemampuan untuk menjahit pola dekoratif.
Sampai saat ini mesin manual . Harga mesin jahit singer manual pun juga lebih murah, sehingga untuk membelinya kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak seperti mesin jahit portable.
Meski harganya murah, namun mesin jahit manual pada dasarnya juga memiliki kelebihan yang banyak loh, berikut diantaranya:

  1. Bisa digunakan tanpa menggunakan listrik
    Karena mesin jahit manual dilengkapi dengan pedal atau kayuhan, maka saat listrik padam pun tetap bisa digunakan. Tetapi untuk mesin jahit manual yang dilengkapi menggunakan dynamo tetap membutuhkan listrik untuk mengoperasikannya.
  2. Cocok untuk menjahit beragam kain
    Meski harga mesin jahit singer manual ini relatif murah namun dapat digunakan untuk menjahit jenis kain apapun loh, sehingga cocok digunakan untuk konveksi, industri besar maupun kecil.
  3. Awet dan tahan lama
    Karena sebagian besar body rangkanya menggunakan besi, maka mesin jahit manual ini cukuplah awet

.