Cara Membuat Roti Goreng Dari Roti Tawar Isi Kentang Wortel Enak

Cara membuat roti goreng dari roti tawar isi kentang wortel menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal roti goreng isi kentang wortel yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Roti Tawar Goreng

Roti tawar goreng merupakan salah satu camilan roti yang bisa kamu coba membuat dirumah apabila sudah bosan dengan menikmati roti tawar yang hanya dioles selai dan lainnya. Resep roti tawar goreng pun sudah banyak variasi isian rasa mulai dari isian coklat, isian sayuran, isian telur hingga mayonaise.

Roti goreng mempunyai cita rasa yang enak, gurih serta renyah tidak heran pasti banyak yang menggemari camilan satu ini.

Cara Membuat Roti Goreng Dari Roti Tawar Isi Kentang Wortel

Selain untuk sarapan pagi, buat bekal sekolah dan kantor tempat kerja bisa juga sebagai cemilan di sore atau malam hari ditemani minuman teh atau kopi panas sambil nonton tv atau baca surat kabar (koran majalah), atau jajanan yang bisa dijual untuk menambah income pemasukkan keluarga, hitung-hitung buat bantu-bantu keuangan keluarga atau bantu suami. 

Macam-macam jenis isi atau filling untuk roti tawar goreng ini bisa Bunda sesuaikan dengan selera banyak variasi dan variannya, misalnya suka yang manis bisa Anda isi selai, isi tape, isi jagung manis, isi coklat atau kombinasi coklat keju atau isi keju saja bisa pake keju meleleh mozarella, atau yang roti tawar goreng asin rasa gurih, seperti isi sosis, isi bakso, isi kentang wortel.

Bahan – Bahan  :

  • 1 bungkus roti tawar potong menjadi segitiga
  • Terigu, disesuaikan dengan jumlah roti tawar
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Tepung panir

Bahan Isi :

  • 1/2 kg wortel
  • 1/2 kg kentang
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sachet ladaku
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula pasir
  • Penyedap rasa
  • 1 sashet susu bubuk dancow atau susu bendera

Cara Membuat Roti Goreng Dari Roti Tawar Isi Kentang Wortel :

  1. Potongan roti tawar segetiga campurkan dengan terigu, garam dan air.
  2. Aduk rata, agak sedikit mengental dan jangan sampai menggumpal lalu sisihkan.
  3. Bahan yang digunakan : Haluskan bawang merah, bawang putih, garam. Lalu tumis hingga harum, tambahkan ladaku, gula, penyedap masako kemudian masukan kentang dan wortel yang sudah dipotong dadu, tambahkan air, 5 menit sebelum matang masukkan susu bubuk.
  4. Masak hingga matang angkat dan dinginkan.
  5. Selanjutnya setelah dingin, isi roti lalu lipat bentuk segitiga, celupkan kedalam adonan tepung lalu guling-gulingkan ke dalam tepung panir lalu goreng hingga kecoklatan lalu angkat.
  6. Sajikan dengan dicocol saus sambal pedas.

 

Jenis Roti Goreng

Selain rasanya yang enak dan mengenyangkan, roti juga memiliki berbagai variasi rasa, isian, dan topping. Itulah sebabnya saya tidak pernah bosan dan menjadikannya sebagai camilan favorit untuk bekal atau sekedar pengganjal lapar.

Bukan hanya jenis roti yang dipanggang dalam mesin pemanggang roti, saya juga suka dengan jenis roti goreng yang garing dan berwarna kecoklatan merata di bagian luarnya. Apa saja jenis roti goreng tersebut? Simak selengkapnya berikut.

Baca Juga : Cara membuat roti goreng dari roti tawar 

1. Donat

Siapa sih yang tidak tahu donat? Camilan yang memiliki bentuk khas yaitu bolong di tengah seperti cincin ini begitu disukai oleh banyak orang. Donat terbuat dari tepung terigu, ragi instant, susu bubuk, air hangat, gula pasir, kuning telur, margarin dan garam.

Terbagi jadi 2 bagian, bahan-bahan tersebut lalu dicampur dan diuleni sampai kalis, didiamkan selama beberapa saat, dibentuk, lalu digoreng sampai matang. Selanjutnya, anda tinggal menambahkan aneka topping sesuai selera. Bukan hanya bagian topping atau taburan yang bermacam-macam, anda juga bisa berkreasi dengan bahan dasarnya seperti donat pisang dan donat kentang yang tidak kalah enak.

2. Cakwe

Cakwe merupakan kue goreng yang terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan bahan pengembang. Tidak selalu dinikmati sebagai camilan, kue khas oriental ini juga biasa dijadikan bahan pelengkap menu lainnya, seperti bubur beras. Cakwe juga biasa dinikmati dengan cocolan saus asam-manis-pedas yang khas.

3. Roti bantal

Bisa dibilang roti bantal ini adalah versi manis dari cakwe. Bahan-bahan yang digunakan juga hampir sama dengan bahan cakwe. Perbedaan yang paling kentara adalah rasa gurih dan bentuk segiempatnya yang mirip dengan bantal mini. Rasanya manis yang khas dengan taburan biji wijen di permukaan atasnya.

 

Dengan demikian pembahasan yang menarik yang mengulas tentang cara membuat roti goreng dari roti tawar isi kentang wortel beserta jenis makanan roti goreng. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.