Cara Pembuatan Bullnosing Tangga Keramik Manual

Bullnose merupakan teknik untuk mengurangi sudut tajam keramik. Bullnose sangat penting untuk Anda yang sedang membangun rumah agar keramik Anda menjadi halus. Bullnosing tangga merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan.

Mengapa Harus Bullnosing Tangga?

Tangga di rumah biasanya dilapisi oleh granit. Ujung granit atau yang biasa disebut pinggul merupakan bagian terluar dari keramik. Bagian ini dapat bersinggungan langsung dengan lingkungan sekitarnya. Sayangnya, ujung granit ini sangatlah tajam dan berbahaya.

Untuk mengurangi risiko cedera, kita harus menghaluskan pinggul granit tersebut dengan teknik bullnose atau pinggulan. Teknik bullnose dapat dilakukan secara manual maupun dengan mesin.

Membuat Bullnose Secara Manual

Pembuatan bullnose secara manual dapat dilakukan memanfaatkan tangan yang dikombinasikan dengan gerindra. Gerindra digunakan untuk memotong pinggul granit.

Bullnose granit juga memerlukan keterampilan khusus agar tidak gagal. Berikut caranya :

  1. Siapkan granit yang ingin anda bullnose.
  2. Gerinda untuk memotong.
  3. Pegang gerindra Anda dengan stabil. Pastikan tangan Anda tidak bergetar karena dapat membuat gerinda bergeser dan membentuk bagian yang tidak seharusnya.
  4. Potong granit menjadi 1/4 lingkaran untuk mengurangi sudut tajamnya.
  5. Setelah dilakukan pemotongan, granit dapat dihaluskan kembali dengan alat lain.

Ada beberapa pilihan bentuk pinggulan yang cocok untuk bullnosing tangga Anda. Mulai dari full bullnose hingga ogee flat. Anda dapat menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan. Full bullnose dapat menjadi pilihan jika Anda menyukai bentuk yang bundar. Sebaliknya, Jika tidak ingin yang terlalu bundar, Anda dapat memilih flat polish.

Bullnose Dengan Mesin

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini telah muncul mesin-mesin untuk bullnosing yang memudahkan Anda. Selain membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat, mesin bullnose ini juga membuat kita mendapatkan hasil lebih baik serta rapi.

Bullnosing tangga manual maupun dengan mesin tetap saja membutuhkan keterampilan khusus dan tidak semua orang bisa. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko kegagalan, Anda bisa menggunakan jasa potong dan bullnose granit kami. Sebelum menggunakan jasa kami, Anda juga bisa melakukan konsultasi secara gratis.