Spesifikasi Lengkap Toyota Avanza

Spesifikasi Lengkap Toyota Avanza – Avanza merupakan mobil low MPV Toyota yang diproduksi oleh Daihatsu di Indonesia dan dipasarkan dengan dua merek berbeda, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Toyota Avanza pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 dan terjual 100.000 unit di tahun yang sama.

Di penghujung tahun 2006, Avanza mengalami beberapa kali penyegaran agar tetap menarik perhatian publik. New Avanza versi facelift ini hadir dengan perubahan tampilan, aksesoris dan performa mesin. Pada tahun 2011 diluncurkan generasi kedua yaitu All New Avanza dengan varian baru bernama Veloz, dan pada tahun 2014 diluncurkan versi terbaru dari Avanza Luxury sebagai varian paling mewah dari Avanza.

Spesifikasi Toyota Avanza Lengkap

Dari dimensi hingga fitur, berikut spesifikasi lengkap MPV populer besutan Toyota ini.

Dimensi

Jarak sumbu roda atau wheel axle distance adalah 2655 mm, sehingga bisa dikatakan Avanza merupakan kendaraan yang cocok untuk dikendarai di perkotaan.

Eksterior

Terutama pada sisi depan seperti lampu utama dan juga bumper yang mengadopsi desain Voxy dan Vellfire. Lampu utama yang memanjang dan menyempit membuatnya terlihat lebih elegan. Belum lagi jenis lampu dan garnish LED yang memberikan kesan modern dan ramping. Bumper terlihat lebih lebar, dipadukan dengan housing fog lamp yang menonjolkan kesan modern dan gagah. Untuk desain bodi belakang, New Toyota Avanza dilengkapi dengan lampu belakang dan garnish lensa.

Interior

Toyota menyematkan dashboard yang terlihat lebih modern, yang juga hadir dalam satu paket dengan New Center Cluster dengan tampilan A/C digital. Roda kemudi lebih fungsional dan modern, membuat pengemudi lebih nyaman.

Sedangkan pada kabin penumpang dilengkapi dengan kursi ekstra nyaman dengan desain yang elegan dan dapat disesuaikan dengan kenyamanan penumpang. Terdapat pula kursi lipat di bagian belakang, dengan sandaran kepala untuk membuat penumpang lebih nyaman dan bisa menikmati perjalanan.

Selanjutnya pada head unit terpasang layar sentuh premium terbaru yang berfungsi sebagai fitur hiburan yang dapat menghibur penghuni. Mulai dari koneksi USB, panggilan darurat, USB Mirroring, DVD Player, Bluetooth, pengaturan 6 speaker, hingga konektivitas iPhone/iPad.

Fitur

Toyota selalu melengkapi MPV-nya dengan berbagai fitur canggih dan modern, mulai dari fitur hiburan, fitur keselamatan, dan fitur keamanan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur hiburan yang terpasang pada Avanza cukup lengkap, mulai dari koneksi USB, USB Mirroring, DVD Player, Bluetooth, speaker, konektivitas iPhone/iPad, hingga radio AM/FM.

Untuk fitur keselamatan, Toyota telah melengkapi Avanza dengan airbag, child safety lock, driver’s airbag, anti-lock braking system, seat belt, crash sensor, engine check warning, side impact protection, dan open door reminder. Sedangkan untuk fitur keamanan dipasang alarm mobil, alat anti maling, dan engine immobilizer.

Pilih mana, Avanza Manual atau Otomatis?

Sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan, salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan dengan matang adalah membeli mobil bertransmisi manual atau otomatis. Berikut review yang bisa membantu Anda menentukan pilihan, apakah akan memilih Avanza manual atau matic nantinya.

Selisih Biaya Perawatan

Ternyata ada perbedaan biaya perawatan Avanza transmisi manual dan otomatis. Misalnya, untuk Avanza tipe G, total biaya perawatan yang perlu disiapkan kurang lebih Rp 2 juta. Sedangkan untuk tipe matic membutuhkan budget yang sedikit lebih tinggi, sekitar Rp 3 juta.

Perbedaan Konsumsi Bahan Bakar

Selain perbedaan biaya perawatan, perbedaan lain antara kendaraan manual dan matic, yaitu konsumsi bahan bakarnya. Avanza manual diklaim lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan versi matic, meski perbedaannya tidak terlalu besar.

Perbedaan harga

Bicara soal Harga Avanza, kendaraan versi manual lebih murah dibandingkan versi matic. Selisih harganya juga cukup tinggi, yaitu sekitar Rp. 10 juta. Misalnya, Avanza 1.3 E manual dibanderol Rp 190 juta, sedangkan matic 1.3 E dibanderol Rp 200 juta. Tetapi, jika Anda hanyamemiliki budget yang minim,Anda bisa melakukan Kredit Avanza.

Keduanya Sama-sama Nyaman Dikendarai

Meski begitu, baik Avanza versi manual maupun otomatis sama-sama nyaman dikendarai. Namun jika Anda seorang pengemudi yang tidak ingin repot memindahkan kopling, versi matic adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Demikian pembahasan mengenai spesifikasi Avanza, semoga artikel ini bermanfaat.