Cara Cuci Sepatu Tanpa Merusak Bahan Dapat Dilakukan Dari Rumah

Cuci sepatu dapat dilakukan sendiri dari rumah tanpa perlu menyewa jasa laundry. Selain menghemat uang kamu juga lebih bisa mandiri dalam pekerjaan mencuci. Langkah mencuci  berikut ini dapat kamu terapkan sendiri di rumah.

Cuci Sepatu Sesuai Bahan Agar Tidak Rusak

Selama ini kita sering mencuci dengan sabun colek pada semua jenis sepatu.Padahal sepatu memiliki jenis bahan berbeda satu sama lain.Bahan sepatu ada yang dari kulit, kain, dan lain-lain. Cara yang salah dalam mencuci dapat merusak warna pada sepatu. Berikut ini cara mencuci sepatu sesuai bahan.

“baca juga: cuci sofa cimanggis depok

Sepatu Olahraga

Banyak diantara kita terkadang membersihkan sepatu olahraga dengan menggunakan mesin cuci. Namun lebih baik untuk melakukan.Cara tersebut dapat kamu ganti dengan mencuci secara manual.

Adapun langkah pertama lepas tali sepatu satu persatu. Selanjutnya cuci dengan sikat halus pada bagian kotor seperti tanah yang melekat pada alas kaki sepatu.

Kamu dapat menggunakan sabun cuci pakaian untuk mencucinya. Selanjutnya jemur di tempat terbuka sampai kering. 

Sepatu dengan Bahan Suede dan NuBuck

Untuk menjaga sepatu suede atau NuBuck  agar tetap dalam keadaan bersih dan baik perlu untuk memastikan beberapa hal. Pertama pastikan sepatu dalam keadaan kering.

Kedua kamu dapat mengoleskan suede dengan menggunakan sikat halus pada noda. Untuk coretan atau noda membandel gunakan penghapus atau kain lembut.

baca juga: laundry kasur depok

Selain itu untuk menghilangkan noda minyak kamu dapat menaburkan bedak di atasnya. Cara selanjutnya tunggu beberapa saat kemudian sikat dengan dengan lembut.

Sepatu Dari Bahan Kulit

Cara membersihkan sepatu kulit dapat menggunakan larutan air dingin dan cuka putih. Usapkan larutan tersebut pada bagian sepatu dengan kain lembut.

Selanjutnya biarkan kering tanpa dijemur dibawah sinar matahari. Jika sepatu kulit terdapat goresan atau lecet kamu dapat menggunakan semir. Tentunya warna semir harus sesuai dengan warna sepatu.

Sepatu dengan Bahan Kain

Cara cuci sepatu sesuai bahan kain dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Adapun yang perlu disiapkan seperti sabun cuci piring, air hangat, sikat gigi, dan handuk.

Untuk mencucinya pertama gunakan handuk untuk membersihkan kotoran. Kedua campurkan satu sendok teh sabun cuci piring dan dua gelas air hangat pada wadah.

Ketiga celupkan sikat gigi ke dalam campuran tersebut untuk membersihkan bagian kotor. Saat mencuci jangan gunakan banyak air.

Jika proses cuci sepatu selesai gunakan handuk bersih untuk mengeringkan. Tahap terakhir dikeringkan pada suhu ruangan yang panas bukan di bawah sinar matahari langsung.