Cara Buat Udang Bakar Madu Yang Enak dan Mudah

Hallo semuanya,gimana kabar kalian?semoga sehat ya,pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara buat udang bakar madu yang enak dan mudah untuk dibuat dirumah serta bahan-bahannya juga gamang ditemukan.

Cara Buat Udang Bakar Madu

Cara Buat Udang Bakar Madu udang menjadi komoditi ekspor perikanan nomor satu di Indonesia. Setidaknya ada dua jenis udang yang menjadi andalan, yakni udang windu dan vaname. Udang Windu (penaeus monodon) dikenal dengan sebutan black tiger shrimp merupakan udang laut asli Indonesia yang tumbuh mencapai 35 cm dan berat sekitar 260 gram. Namun, jika dipelihara di tambak panjang tubuhnya hanya mencapai 20 cm dan berat sekitar 140 gram.

Udang windu memliki kulit tubuh yang keras, berwarna hijau kebiruan, dan berloreng-loreng besar. Saat muda udang Windu berada di perairan dangkal tepi pantai, dan begitu dewasa mencari tempat yang dalam di tengah laut.

Dilihat dari segi manfaatnya bagi kebutuhan gizi manusia, udang memiliki kadar protein yang tinggi, vitamin, dan mineral lainnya. Selain itu udang juga memiliki asam amino yang lengkap, baik essensial ataupun nonessensial.

Jenis-Jenis Udang

1. Udang jerbung

Udang jerbung sering juga disebut udang putih. Udang jenis inilah yang sering kita jumpai di pasar.Kulitnya tipis dan licin dengan warna putih agak kekuningan. Indonesia merupakan penghasil udang jerbung terbesar di dunia.

2. Udang Peci

Udang peci merupakan varian lain udang jerbung. Udang peci biasanya berwarna putih, tapi lebih gelap dengan bintik hitam.

Jenis udang jerbung dan udang peci bisa digunakan untuk berbagai olahan masakan, seperti digoreng atau dibuat asam manis. Namun, udang jenis ini tidak cocok dibakar, karena kulitnya yang tipis membuatnya mudah gosong.

3. Udang Galah

Udang galah merupakan salah satu jenis udang air tawar. Udang ini sering juga disebut udang cokong atau fresh water prawn.Warnanya kebiruan, capitnya sangat panjang, dengan ukuran kepala yang besar. Cocok diolah dengan cara dibakar, karena tekstur kulitnya yang keras dan kokoh.

4. Udang Pancet

Udang pancet dikenal juga dengan nama udang windu atau tiger shrimp. Kulitnya tebal dan keras dengan warna hijau atau merah serta garis melintang agak gelap. Cocok diolah dengan cara dibakar, disate, atau dibuat asam manis.

5. Udang Dogol 

Udang dogol dikenal pula dengan nama pink shrimp. Nama ini diambil dari warna kulitnya yang berwarna merah muda agak kekuningan. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, udang ini cocok jadi pelengkap masakan atau digoreng tepung.

6. Udang Vaname

Meski mahal, udang vaname selalu laris di pasaran. Warnanya putih dengan corak agak kebiru-biruan. Cocok diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai digoreng, balado, sup, atau menjadi pelengkap masakan.

7. Udang Kipas

Nama lainnya udang sikat. Bentuknya menyerupai lobster dengan ukuran yang lebih kecil. Tekstur kulitnya keras, tetapi tak sekeras lobster. Cocok dijadikan masakan bersaus, seperti udang saus padang, asam manis, atau dimasak balado.

Manfaat Cara Buat Udang Bakar Madu

Menurunkan Degenerasi Makula Terkait Usia

Manfaat makan udang yang ketiga adalah untuk menurunkan degenerasi makula. Studi menunjukkan bahwa udang mengandung senyawa seperti heparin yang dapat membantu dalam mengobati AMD neovaskular. Astaxanthin yang ditemukan dalam udang juga dapat meredakan kelelahan mata, terutama bagi mereka yang menggunakan komputer dalam waktu lama.

Mencegah Rambut Rontok

Manfaat makan udang yang keempat yakni untuk mencegah rambut rontok. Mineral yang ditemukan dalam udang dapat berkontribusi pada kesehatan rambut. Kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok.

Seng memainkan peran kunci dalam mempertahankan dan menciptakan sel-sel baru, termasuk sel-sel rambut dan kulit, jadi bagi mereka yang mulai kehilangan rambut, atau setidaknya melihat penurunan pertumbuhan rambut, udang dapat melawan masalah tersebut.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat makan udang yang kelima adalah untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Udang yang difermentasi dinilai mengandung enzim fibrinolitik yang dapat digunakan untuk terapi trombolitik.

Terapi trombolitik adalah cara memecah gumpalan darah berbahaya di dalam pembuluh darah seseorang. Enzim yang ditemukan dalam udang ini bisa menjadi alat yang ampuh melawan bahaya penyakit kardiovaskular.

Juga, asam lemak omega-3 tinggi yang ditemukan di dalamnya membantu menghilangkan kolesterol yang merusak dalam aliran darah, yang selanjutnya dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Protein dan berbagai vitamin, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium, yang ditemukan pada udang dalam jumlah tinggi, dapat secara efektif membantu memerangi degenerasi tulang. Kekurangan protein dan vitamin makanan dapat menyebabkan penurunan kualitas tulang, massa tulang, kekuatan, dan massa secara keseluruhan, yang menjadi gejala utama osteoporosis. Menambahkan udang ke rejimen makanan harian atau mingguan dapat memperlambat efek penuaan tulang sehingga membuat Anda lebih kuat.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Udang memiliki kadar zat besi yang tinggi, yang merupakan komponen mineral penting dalam proses ikatan dengan oksigen dalam hemoglobin. Dengan tambahan zat besi dalam sistem, peningkatan aliran oksigen dapat terjadi ke otot, memberikan kekuatan dan daya tahan, sekaligus meningkatkan aliran oksigen ke otak, sehingga meningkatkan pemahaman, memori, dan konsentrasi.

Studi menunjukkan bahwa astaxanthin yang ditemukan dalam udang dapat membantu meningkatkan kinerja memori, kelangsungan hidup sel-sel otak, dan mengurangi risiko penyakit radang otak.

Udang juga menjadi sumber yodium yang baik, yang dapat membantu tubuh manusia membuat hormon tiroid. Hormon tiroid, pada gilirannya, dibutuhkan untuk perkembangan otak selama masa bayi dan kehamilan.

Efek Samping Cara Buat Udang Bakar Madu

1. Keracunan Makanan

Dampak negatif konsumsi udang berlebihan yang pertama adalah dapat menyebabkan keracunan makanan. Hal ini dapat terjadi jika kamu tidak menyiapkan atau memasak udang dengan benar. Udang yang masih kotor atau mentah dapat mengandung bakteri penyebab keracunan makanan.

Seseorang yang keracunan makanan setelah mengonsumsi udang biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti mual, muntah, sakit kepala, hingga diare. Namun karena umumnya gejala tidak langsung muncul setelah makanan dikonsumsi, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami keracunan makanan.

2. Kolesterol Tinggi

Dampak negatif konsumsi udang berlebihan berikutnya yakni kandungan kolesterolnya yang tinggi. Makan udang secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Seporsi kecil udang, sekitar 3,5 ons mengandung sekitar 200 mg kolesterol untuk tubuh dalam sekali makan.

Jumlah tersebut sudah melewati batas asupan kolesterol yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, kamu harus menghindari makan udang secara berlebihan.

3. Meningkatkan Risiko Hipertensi

Selain mengandung kolesterol yang tinggi, udang juga mengandung sodium cukup tinggi. Tiga ons udang memiliki 805 mg sodium. Sedangkan satu sendok teh garam mengandung sekitar 2000 mg sodium. Jadi, kamu harus berhati-hati dalam menambahkan garam pada makanan udang.

WHO merekomendasikan batasan asupan sodium orang dewasa dalam sehari hanya butuh 2.300 mg. Mengonsumsi sodium terlalu banyak dapat meningkatkan risiko hipertensi, penyakit jantung dan osteoporosis.

4. Alergi

Dampak negatif makan udang lainnya adalah menimbulkan alergi bagi sebagian orang. Hal ini mungkin sudah umum terdengar di masyarakat, bahwa tidak sedikit orang yang memiliki alergi terhadap makanan laut, termasuk udang.

Jika kamu memiliki alergi udang, namun tetap mencoba menyicipnya, maka akan timbul beberapa gejala alergi seperti kulit gatal, sakit perut, pusing, mual, muntah, hingga pembengkakan di sekitar wajah dan mulut.

5. Tersedak dan Menyumbat Saluran Pernapasan

Berikutnya, tersedak dan menyumbat saluran pernapasan juga bisa jadi salah satu dampak negatif konsumsi udang secara berlebihan. Maka dari itu kamu perlu hati-hati saat mengonsumsinya agar tidak tersedak.

Apabila hal ini terjadi, maka kulit dan ekor udang dapat melukai dan menyumbat saluran pernapasan. Untuk mencegahnya, pastikan udang yang kamu makan sudah bersih dari bagian-bagian tersebut.

Cara Buat Udang Bakar Madu

Bahan Cara Buat Udang Bakar Madu :

  • 500 gr udang besar

Bumbu Halus :

  • 2 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah cabe keriting
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 ruas jari jahe

Bumbu Lain :

  • 5 sdm madu
  • 2 sdm mentega leleh
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm perasan jeruk lemon
  • Secukupnya garam apabila kurang asin.

Cara Buat Udang Bakar Madu :

  1. Cuci udang hingga bersih, lalu belah punggunnya menjadi 2, tapi jangan sampai putus. Sisihkan.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan blender, tambahkan sedikit minyak agar memudahkan dalam proses penghancuran.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  4. Siapkan wadah, lalu campur bumbu yang telah ditumis bersama dengan bumbu lainnya. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Lumuri udang dengan bumbu tersebut, lalu marinasi dan simpan didalam kulkas selama 15 menit.
  6. Keluarkan udang dari kulkas, lalu tusuk menggunakan tusukan sate.
  7. Bakar udang hingga matang, sambil diolesi dengan bumbu marinasi. Sajikan

Nah itulah Cara Buat Udang Bakar Madu yang enak dan simpel untuk dibuat dirumah serta terjamin kesehatannya,bahan-bahannya juga mudah didapatkan.