Kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa yang Simpel

Bingung cara membuat kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa yang simpel?Tenang, kali ini saya akan memberikan  cara membuat kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa yang simpel.  Nah, saya kali ini akan memberikan tutorial cara membuatnya yang bisa dibuat dirumah juga yukk,,simak

 

Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa yang Simpel

Pohon kelapa merupakan pohon yang memiliki banyak manfaat. Dari buahnya saja, Anda bisa membuat kerajinan dari batok kelapa, kerajinan dari batok kelapa, dan masih banyak lagi.

Bagi para pelaku bisnis, kelapa sawit memiliki potensi bisnis yang sangat besar. Mulai dari toko UMKM seperti penjualan kerajinan berbahan dasar sabut kelapa hingga eksport batok kelapa.

Kelapa-kelapa merupakan salah satu serat alam yang dapat diolah menjadi beberapa kreasi kerajinan tangan.

Dalam artikel ini, saya mengajak Anda untuk belajar lebih banyak tentang pohon kelapa, terutama untuk memunculkan ide-ide menarik untuk berkreasi dengan kelapa.

Di artikel lain saya juga menulis ide menggunakan batok kelapa untuk kerajinan.

Ciri-Ciri Pohon Kelapa

Pada bab ini saya akan memberikan 7 contoh sifat-sifat pohon kelapa. Dengan mengenali khasiat dari pohon kelapa ini, kami berharap Anda akan lebih mudah menemukannya.

Dari segi bentuk fisik, pohon kelapa hanya memiliki satu batang dan tidak bercabang serta berdiri tegak, namun terkadang ada juga yang agak kurus karena usia.
Pohon kelapa merupakan pohon berbatang tunggal. Pohon ini termasuk dalam kategori Cocos nucifera yang artinya satu anggota.
Ciri pohon kelapa selanjutnya adalah memiliki biji yang tertutup. Dalam bahasa ilmiah disebut angiospermae, yaitu tumbuhan yang bijinya terbungkus dalam bakal biji.
Pohon kelapa memiliki sifat biji monokotil. Artinya bibit pohon ini tidak terbelah dua dan hanya memiliki satu keping.
Dilihat dari akarnya, ciri khas pohon kelapa adalah bentuknya yang berserat dan berukuran kecil, tetapi juga melimpah. Akar ini terus tumbuh sepanjang hidupnya, bahkan jumlah serabut dalam satu buah kelapa bisa mencapai ribuan menurut umurnya.
Pohon kelapa berbunga majemuk. Dari sifat komposit ini, pohon kelapa menghasilkan dua bunga yang berbeda dalam satu pohon. Yaitu bunga jantan dan bunga betina yang jumlahnya bisa sangat banyak.
Buahnya besar. Toh ada yang diameternya 10 sampai 20 cm bahkan ada yang lebih besar lagi kelapanya.

Macam Macam Contoh Kerajinan dari Sabut Kelapa

Untuk mempermudah belajar, mari kita lihat contoh-contoh yang sudah ada. Dalam hal ini, saya akan memberikan contoh kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa

Tujuan dari contoh kerajinan kelapa kelapa ini adalah agar Anda dapat dengan mudah memahami dan mencoba kreasi yang sama.

1. Pot dari Sabut Kelapa

Untuk pertama kalinya, saya akan memberikan contoh ide membuat kerajinan pot dari batok kelapa. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya.

kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa

Adapun peralatan dan bahan yang perlu anda siapkan adalah :

pisau
gunting
pisau besar
Mengebor
Kelapa kelapa kering
Tali serat

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat pot kelapa:

Keluarkan batok kelapa dari batok kelapa yang sudah kering kemudian gunakan linggis untuk mengeluarkan batok kelapa agar batok masih melilit.
Potong serpihan kelapa dan potong bagian atasnya dengan pisau besar. Anda bisa menggunakan mesin pengolah kelapa kelapa agar lebih mudah.
Tandai bagian bawah dan atas setiap belahan dengan tipe ex. Bagian ini akan dibor untuk mengikat bagian kelapa serta untuk ikatan pot.
Bor dengan hati-hati pada bagian yang Anda tandai sebelumnya.
Ikat ijuk di setiap lubang kelapa agar setiap bagian kelapa bisa disambung.
Setelah ikatan dalam terbentuk, silangkan ikatan luar. Lakukan ini untuk semua batok kelapa.
Pot kelapa kelapa siap untuk menanam anggrek atau pakis.

Manfaat dari pot kelapa:

Terbuat dari bahan-bahan alami.
Multifungsi dan lebih ramah lingkungan.
Mendukung pertumbuhan tanaman anggrek.
Memelihara dan memperkuat akar tanaman.
Mempermudah pertumbuhan akar tanaman.
Membantu menjaga kelembaban tanaman.
Meningkatkan daya tarik (estetika) tanaman.
Sempurna untuk digantung di teras atau di taman.

2. Keset dari Sabut Kelapa

Contoh kerajinan selanjutnya adalah membuat tikar dari sabut kelapa. Dengan melakukan kerajinan ini, Anda dapat menghemat banyak uang dan menetapkannya untuk hal-hal lain.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat keset dari sabut kelapa adalah:

kelapa kelapa
Palu
Pisau / gunting besar untuk finishing

Berikut adalah cara pembuatan anyaman kelapa:

Siapkan tempat menganyam kelapa (bisa dengan rotan memanjang)
Siapkan tali yang akan menjadi alur untuk menenun.
Anyaman sabut kelapa (seperti menenun), ditumpuk dari atas, disusun sejajar hingga semuanya penuh.
Setiap kali Anda menerima kain, dengan satu pukulan, tolak dari atas sehingga tikar penuh dan kuat.
Gunakan pisau/gunting untuk memotong sisa batok kelapa.

Manfaat menggunakan tikar kelapa adalah:

Pembersih. Keset yang terbuat dari sabut kelapa dapat membersihkan kaki Anda lebih bersih dari keset lainnya yang terbuat dari bahan kain atau sejenisnya.
Bahan bakunya mudah didapat. Bahan untuk membuat keset ini sangat mudah Anda dapatkan. Pohon kelapa ada di mana-mana, Anda tinggal mengambil buah yang matang dan bersenang-senang.
Tidak berubah warna atau tidak mudah pudar. Alas kelapa ini terbuat dari bahan alami sehingga warna yang ditentukan adalah warna gores yaitu coklat. Kerajinan ini juga memiliki warna asli dengan warna tersendiri dan juga tidak luntur.
Keset kelapa-kelapa yang lebih lembut. Sayangnya, kelapa ini bisa dibuat dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Permukaan yang lembut akan menghasilkan permukaan yang sangat halus.

Proses pembuatan keset ini dilakukan oleh pengrajin dengan menggunakan teknik menenun. Anyamannya sangat kuat dan strukturnya mirip. Hal ini membuat matras ini memiliki kualitas yang tahan lama.

Daya tahan yang lama atau permanen ini menjadi alasan utama bagi mereka yang membutuhkan matras. Dengan resiliensi ini, fungsi loyalitas dapat dirasakan.

3. Cara Membuat Vas Bunga dari Sabut Kelapa

Selanjutnya, saya akan mengajari Anda cara membuat vas bunga dari batok kelapa. Kerajinan ini bisa Anda gunakan untuk menghias meja kerja Anda di rumah nanti.

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan tidak sulit untuk didapatkan. Membuat vas bunga dari sabut kelapa juga sangat sederhana dan mudah.

Berikut alat dan bahan yang perlu anda siapkan :

kelapa
Wadah plastik
Kanebo bekas
pisau kucing kecil
tali
Benang wol
bunga
gunting

Cara membuat vas bunga kelapa kelapa:

Siapkan semua peralatan dan bahan yang Anda perlukan untuk membuat kerajinan ini.
Masukkan batok kelapa ke dalam wadah.
Gunting kelapa-kelapa untuk membersihkannya.
Potong kulit chamois bekas sesuai ukuran, gunakan wadah sesuaikan bentuk dengan ukuran.
Bungkus talinya nanti sebagai alat gantung.
Agar kelapa tidak mati, Anda bisa menjahitnya atau membungkusnya dengan benang wol.
Pertama, masukkan chamois ke dalam wadah, lalu ambil bunga yang ingin ditampilkan.
Vas bunga sekarang siap digunakan.

Dari semua cara membuat galantin ayam yang enak di atas dapat kita lihat betapa pentingya literasi bagi anak muda di Indonesia dan saya juga jual cocomesh loh.  Pramoedya Ananta Toer pernah berkata bahwa “orang boleh setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah