Cara Membuat Prakarya Dari Sabut Kelapa yang Sederhana

Kali ini saya akan memberikan beberapa esep tentang cara membuat prakarya dari sabut kelapa yang sederhana yang pastinya mudah.

Sabut kelapa merupakan bagian dari kelapa yang sering tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal, bila digunakan dengan benar, bisa membuat kerajinan dari sabut kelapa berkualitas tinggi. Ada berbagai jenis kelapa yang dapat diekstraksi dari sabut dan dibuat menjadi berbagai kerajinan sabut. Proses pembuatannya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu ketekunan, kesabaran dan ketelitian dalam membuatnya. Sabut kelapa yang berupa serat kasar merupakan bagian penutup atau pelindung buah kelapa. Ketebalan tiap tempurung kelapa berbeda-beda tergantung jenis kelapanya.

Umumnya, sabut yang digunakan dalam kerajinan berasal dari kelapa tua. Hal ini karena kelapa tua memiliki sabut yang lebih tebal dan lebih stabil. Alasan kelapa bisa diolah adalah karena kandungan sabut kelapa dan bubuk kelapanya.

Kedua bahan ini merupakan bahan utama kerajinan sabut kelapa. Namun, sebelum dijadikan kerajinan, serat sabut kelapa melalui proses pemurnian dan seterusnya agar berfungsi lebih baik. Apa Manfaat Kerajinan Kelapa Kelapa?

Seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari limbah sabut kelapa. Keuntungannya adalah sebagai berikut

Berikut ini adalah cara membuat prakarya dari sabut kelapa yang sederhana

1. Berfungsi sebagai pupuk organik

Perlu diketahui bahwa sabut kelapa memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi sehingga sangat cocok sebagai pupuk tanaman. Dengan dua kandungan penting tersebut, kelapa dapat menunjang pertumbuhan tanaman.

2. Menetralisir Bau Semen

Membuat kolam ikan terkadang meninggalkan bau semen dan mengganggu kehidupan ikan. Tidak jarang ikan yang dimasukkan ke dalam kolam mati dan gelisah. Peran sabut kelapa dalam menghilangkan bau sangat penting di sini.Yang digunakan disini adalah bagian gabus dari sabut yang telah dipisahkan sebelumnya. Aplikasinya juga mudah, cukup campur gabus dengan daun yang mudah busuk. 3. Tahan erosi di tebing
Tanah di tebing biasanya terkikis karena traksi yang buruk. Sabut dapat digunakan untuk mencegah atau menahan erosi pada tebing. Dalam hal ini serabut kelapa diolah menjadi buah kelapa atau lebih dikenal dengan jaring.

Cocomesh merupakan salah satu produk artisanal yang terbuat dari serat sabut kelapa, umumnya terdapat dalam bentuk tali serat atau terbuat dari kain. Penggunaan cocomesh dipercaya dapat menghijaukan kembali lahan yang terkena erosi. Berikut ini adalah contoh dan teknik membuat kerajinan dari sabut, diantaranya sebagai berikut.

1. Tali tambang

Tali adalah salah satu kerajinan sabut kelapa yang paling mudah dibuat, bahkan untuk pemula. Diameter tali di pasaran juga bervariasi tergantung ketebalannya. Lilitan tali disebut ply, dan umumnya sekitar 2-3 lapis sering beredar di pasaran.

Ada juga yang lebih dari 3 lapis dan biasanya digunakan pada pekerjaan berat untuk mengangkat benda. Ini adalah bagaimana hal itu dilakukan:

  • Setelah sabut diproses sesuai langkah-langkah di atas, mulailah memisahkan sabut yang benar-benar kering.

  • Bersihkan sabut dari kotoran sampai benar-benar bersih.

  • Saat membersihkan, luruskan sabut kelapa.

  • Sekarang mulailah memutar serat sampai kencang dan tidak ada celah di antara mereka.

  • Tambahkan serat lain dan gabungkan agar lebih tebal dan lebih panjang.

  • Fase awal, saat tali mulai terbentuk, biasanya belum kuat.

  • Buat loop beberapa kali sampai tali terasa cukup kuat.

  • Sekarang buat tali kedua dengan panjang yang sama seperti pada langkah sebelumnya.

  • Setelah Anda membuat kedua tali, mulailah memutar kedua bagian tali dengan gerakan mengepang sampai tali benar-benar aman.

Bantal Kelapa Kelapa Unik

Umumnya bantal dan guling terbuat dari bahan katun atau dakron, namun kali ini sedikit berbeda. Bantal kali ini hasil jahit dari sabut kelapa, prosesnya cukup rumit dan lama. Sebelum membuat kerajinan, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan berikut ini:

Baca Juga : http://rumahsabut.com/cocomesh-jaring-sabut-kelapa/

  1. Keranjang

  2. pengaduk

  3. larutan pemutih

  4. minyak sayur

  5. bentuk bantal

  6. kaca pemecah

Proses pembuatan bantal dari sabut kelapa

  1. Pertama, kupas sabut kelapa dari buahnya, gunakan hanya sekitar 5 gram, dan masukkan ke dalam stoples.

  2. Lanjutkan ke tahap bleaching untuk menghilangkan warna coklat dari sabut dengan merendamnya dalam 100ml larutan pemutih. Aduk hingga berubah warna.

  3. Jika cat masih kental, lakukan proses perendaman ini sebanyak tiga kali untuk hasil yang lebih baik.

  4. Setelah direndam, lanjutkan ke pelunakan atau pelurusan. Pada tahap ini, gunakan minyak sayur untuk menghaluskannya.

  5. Rendam dengan minyak sayur dengan isi 20 ml. Disarankan untuk menyelesaikan proses perendaman ini dua kali. Jika Anda ingin membuat kerajinan bantal dari sabut kelapa yang lembut, rendamlah beberapa kali.

  6. Tahap terakhir adalah tahap pengeringan, dengan tujuan menghilangkan sisa minyak nabati yang masih menempel pada sabut.

  7. Proses penjemuran dilakukan dengan cara dijemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 1-2 hari sampai benar-benar kering.

  8. Setelah kering, letakkan dalam bentuk bantal dan tekan hingga benar-benar kencang.

  9. Biarkan sabut dalam cetakan bantal selama beberapa hari sampai terbentuk sempurna.

  10. Jika dirasa sudah cukup, keluarkan dari cetakan dan tutup dengan kain atau sejenisnya.

    Cukup mudah bukan cara membuat prakarya dari sabut kelapa yang sederhana. kalian juga bisa pakai cocomesh jaring sabut kelapa