Inilah Beberapa Manfaat Degan Bakar Bagi Kesehatan Kita

Di masa pandemi ini masyarakat melakukan berbagai cara untuk meningkatkan imunitas agar tidak mudah terpapar Covid-19. Mulai dari merubah pola hidup sehat, berjemur, berolahraga, mengkonsumsi suplemen, vitamin, hingga ramuan tradisional.

Agar tak mudah tertular virus berbahaya ini, sejumlah warga memilih meningkatkan imun dengan cara mengkonsumsi degan bakar.

Penjual degan bakar di Jalan Pemuda, Slamet mengaku selama pandemi ini penjualan degan bakar miliknya cukup meningkat. Berikut ini adalah beberapa manfaat degan bakar bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Degan Bakar Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Stamina

Kelapa bakar dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh jika rajin dikonsumsi. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kandungan air kelapa itu sendiri. Seperti potasium dan beberapa kandungan lain.

Setelah meminum air kelapa bakar, tubuh yang lelah terasa kembali segar. Mengonsumsinya dalam keadaan hangat-hangat, membuat keringat keluar dari tubuh. Itulah yang dipercaya membuat tubuh terasa lebih enteng.

2. Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Manfaat kelapa bakar selanjutnya yang banyak dipercaya oleh masyarakat adalah dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti maag, ginjal, dan darah manis. Untuk bantu menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut, air kelapa bakar biasa dicampur dengan beragam rempah.

Rempah-rempah yang digunakan sebagai campuran air kelapa bakar antara lain madu, kayu manis, jahe, kulit akar dari tanaman kumis kucing, sereh dan beberapa lainnya.

Campuran rempah-rempah tersebut lah yang dipercaya semakin menambah khasiat dari air kelapa bakar.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kelapa bakar yang lain dan dipercaya oleh banyak orang adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang kelelahan dan lemah, cenderung mudah sakit. Tetapi dengan rajin mengonsumsi kelapa bakar, tubuh dipercaya dapat kembali bertenaga.

Hangatnya air kelapa bakar diserap oleh tubuh dan dapat meningkatkan daya tahanya. Anda yang merasa mudah sekali lelah dan merasa tidak enak badan, tidak ada salahnya untuk rutin meminum air kelapa bakar ini.

4. Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat kelapa bakar selanjutnya yang juga dipercaya masyarakat adalah dapat membantu mengatasi batu ginjal. Seorang penderita batu ginjal pada saluran kemihnya akan merasakan nyeri pada pinggang.

Dengan rutin mengonsumsi air kelapa bakar, batu ginjal yang menjadi keluhan dipercayai dapat luruh atau hancur. Sehingga, secara alami dapat keluar dari tubuh dengan sendirinya.

5. Bantu Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan masalah kesehatan bagi cukup banyak masyarakat Indonesia. Pola hidup yang salah dan beberapa faktor lain menjadi penyebabnya. Apabila sudah terkena diabetes, tubuh tentu memerlukan perlakuan yang berbeda.

Selain rutin konsultasi ke dokter dan menjaga pola makan serta pola hidup menjadi lebih sehat, rajin mengonsumsi air kelapa bakar juga dipercaya dapat bantu mengatasi diabetes. Khusus bagi Anda penderita diabetes, konsumsi air kelapa bakar sebaiknya tanpa tambahan pemanis apa pun, terutama kental manis.

6. Cegah Dehidrasi

Manfaat kelapa bakar berikutnya adalah mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh.

Selain itu, kelapa muda juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi yang dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita pada saat kita beraktivitas. Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah.

Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Nah itulah tadi beberapa manfaat degan bakar bagi kesehatan tubuh. Degan bakar memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama meningkatkan stamina. Sekian dari artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua

Baca Juga :