Peralatan yang Wajib Dibeli Sebelum Memulai Bisnis Wedding Organizer

Jasa wedding organizer (WO) merupakan peluang bisnis yang kian diminati. Salah satu daya tariknya adalah omzet yang cukup tinggi. Perlengkapan yang dipakai dalam acara pernikahan memang cenderung mahal, tetapi semuanya bisa dipakai berkali-kali. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang berulang-ulang untuk biaya operasional usaha ini. Nah, jika Anda berniat memulai bisnis wedding organizer, berikut daftar perlengkapan yang wajib dimiliki.

Rangka Tenda
Rangka tenda masuk dalam daftar pertama perlengkapan usaha wedding organizer. Meski sekarang orang lebih senang menyelenggarakan acara di dalam gedung, tenda masih sangat diperlukan, terutama jika jumlah tamu undangan cukup banyak.

Set Pelaminan
Pelaminan adalah perlengkapan yang mutlak dimiliki. Saat ini ada banyak model pelaminan nan cantik dan menarik yang bisa Anda pilih. Jangan lupa lengkapi dengan dekorasi yang sesuai, seperti bunga artifisial, pot tanaman, lampu gantung, dan lain-lain.

Perlengkapan Pernikahan
Pastikan Anda juga memiliki set perlengkapan rias, mulai dari kosmetik, pakaian pengantin, pakaian pendamping, aksesori, sampai dekorasi kamar pengantin.

Meja dan Kursi
Meja dan kursi ini pun bermacam-macam jenis dan peruntukannya, misalnya meja kursi untuk penerima tamu, meja kursi untuk tamu, bahkan meja kursi untuk tuan rumah—semuanya perlu dibedakan.

Foto dan Video
Agar momen pernikahan klien terabadikan dengan baik, pastikan Anda mempunyai set perlengkapan fotografi berupa kamera profesional, baik untuk foto maupun video. Jangan lupa item-item pendukung lain, seperti lighting, set background, tripod, dan lensa tambahan.

Perlengkapan Makan
Jasa wedding organizer umumnya meliputi katering, meskipun bukan sesuatu yang wajib. Perlengkapan makan seperti sendok, piring, gelas, dan cangkir tentu diperlukan jika WO yang Anda kelola juga mencakup urusan konsumsi hajatan. Selain alat makan, Anda juga perlu membeli perabot katering lain seperti tempat sayur berbagai ukuran dan model, sendok sayur, dan sebagainya.

Sound System
Perlengkapan terakhir yang dibutuhkan dalam bisnis WO adalah sound system, yang meliputi powered audio mixer, speaker berbagai ukuran, microphone, set kabel lengkap, amplifier, serta external device lainnya.