Cara Membuat Kacang Goreng Lebaran

Bingung mau bikin olahan apa saat lebaran ? Mending bikin kacang goreng saja. Selain enak dan lezat. Bahan – bahanya pun mudah di dapatkan. Di pasar – pasar tradisional banyak terdapat kacang tanah dan tentunya harganya pasti murah. Berikut adalah cara membuat kacang goreng lebaran yang bisa anda praktekan di rumah.

Sebelum masuk ke resepnya. Saya ingin membahas sedikit tentang kacang goreng

Kacang Goreng

Kacang goreng adalah makanan turun – temurun yang sudah ada sejak jaman dahulu. Biasanya kacang ini banyak didapatkan ketika menjelang hari lebaran tiba. Kacang ini banyak digemari di segala kalangan usia yang membuat peminat kacang goreng tetap ada dan tidak punah.

Kacang goreng merupakan kacang yang mendapat perlakuan khusus, dan teknik memasaknya dengan cara digoreng menggunakan minyak. Tentu, ini membuat kacang goreng sangat renyah.

Tetapi tahukah anda kacang goreng yang sering anda jumpai di toko kue lebaran ternyata cara membuatnya amat mudah. Selain mudah bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kacang goreng sangat mudah untuk didapatkan. Tentunya hargannya pun bisa terbilang cukup ekonomis.

Jika anda bisa membuatnya sendiri dirumah, pasti akan lebih menghemat pengeluaran. Anda bisa sesuka hati berkreasi dan membuatnya dalam jumlah yang cukup banyak. Bingung cara membuatnya ? Tenang disini saya akan memberi solusi yaitu dengan cara berbagi resep cara memasak kacang goreng lebaran yan renyah. Langsung saja yuk kita simak resepnya !

Cara Membuat Kacang Goreng Lebaran

Rendaman Kacang Tanah:

  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan – Bahan :

  • 250 gram kacang tanah kupas
  • 1 sendok teh minyak goreng, untuk menumis
  • 80 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam

Bumbu Halus :

  • 4 butir bawang merah, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 3 butir cabai merah keriting, tumbuk kasar

Pelengkap :

  • 50 gram bawang putih, iris, goreng kering
  • 10 gram daun jeruk, buang tulangnya, iris halus

Cara Membuat Kacang Goreng Lebaran :

  1.  Rendam kacang tanah yang telah dikupas dalam 1 liter air mendidih. Diamkan 1 menit lalu tiriskan.
  2. Tambahkan bumbu rendaman kacang tanah. Aduk merata.
  3. Goreng kacang dengan api sedang sampai matang dan kering. Angkat, lalu dinginkan.
  4. Tumis bumbu halus kacang sampai harum, tambahkan gula pasir, garam, dan air. Aduk sampai lengket.
  5. Tuang kacang tanah. Aduk merata, lalu masukkan bawang putih dan irisan daun jeruk yang sudah digoreng. Aduk terus hingga kering.

Tips Membuat Kacang Goreng Lezat Istimewa Dan Anti Gagal 

1. Bumbui Dengan Bumbu Halus 

Kunci dari kelezatan kacang bawang adalah rasanya yang gurih. Untuk mendapatkan rasa tersebut, cukup gunakan dua jenis bumbu saja yaitu bawang putih dan garam. Agar bumbu lebih mudah meresap dan tercampur rata ke dalam kacang, haluskan saja keduanya. Lumuri kacang dengan bawang putih halus dan garam, diamkan beberapa saat agar meresap sebelum digoreng ke dalam minyak.

2. Tambahkan Dedaunan Wangi 

Cara berikutnya untuk menambah kelezatan kacang bawang adalah dengan menambahkan dedaunan wangi ketika mengolahnya. Jenis-jenis daun yang bisa Anda pakai antara lain adalah daun jeruk, daun salam, dan daun seledri sesuai selera. Sangrai atau panggang terlebih dahulu dedaunan ini sebelum digunakan sebagai bumbu kacang bawang agar aromanya semakin keluar.

3. Gunakan Banyak Bumbu Pelengkap 

Bila suka, Anda juga bisa menambahkan bumbu-bumbu lain untuk menambah kelezatan kacang bawang. Beberapa jenis bumbu tambahan yang bisa ditambahkan antara lain adalah keju bubuk, ebi bubuk, hingga madu.

Anda bisa menambahkannya setelah kacang bawang selesai digoreng dan akan disantap. Namun jika Anda ingin menambahkan madu, panggang kembali kacang bawang setelah dilumuri madu agar rasanya tetap renyah dan tidak menjadi lembek.

4. Goreng Menggunakan Minyak Yang Baru 

Jangan gunakan minyak bekas saat menggoreng kacang bawang. Selalu gunakan minyak yang bersih dan baru agar rasa kacang tetap renyah dan gurih. Jika Anda menggoreng kacang bawang dengan minyak bekas, maka kacang tidak akan bertahan lama dan cita rasanya juga akan menjadi berbeda.

Nah itulah cara membuat kacang goreng lebaran dan juga tipsnya. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda dalam menyiapkan cemilan lebaran. Selamat mencobanya dan pastikan anda mengikuti langkah – langkah dengan benar semoga berhasil. Anda juga dapat belajar cara membuat kacang kapri goreng.