Cara Membuat Dadar Gulung Mudah

Ingin tahu seperti apa cara membuat dadar gulung yang mudah dirumah? Salah satu kue tradisional yang pastinya sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia adalah dadar gulung. Kue yang masuk ke dalam jenis panekuk ini sangat mudah ditemukan di pasar maupun kedai jajanan. 

Biasanya dadar gulung berwarna hijau dengan isian unti atau kelapa parut yang dicampur dengan gula aren. 

Namun saat ini dadar gulung pun bisa diisi dengan isian lain seperti pisang dan keju. Membuatnya pun tak begitu memakan banyak waktu. Intip yuk resep dadar gulung pisang cokelat keju berikut ini

Sejarah Dadar Gulung

Asal mula Dadar Gulung berawal dari Orang Romawi yang mengenalinya dengan sebutan Pancake. Pancake merupakan makanan populer di Eropa sejak tahun 1430 M. Di Eropa, Pancake dikenal sebagai makanan khas orang timur. Pada perkembangannya juga makanan ini di adopsi oleh negara lain.

Di Jerman dinamakan pfannkuchen. Di Perancis dinamakan Crepes, dan di Amerika dinamakan Nohehick. Sedangkan, di Indonesia makanan tersebut disebut dengan dadar gulung.

Panekuk (pancake), sebagai asal mula dadar gulung, adalah resep makanan yang telah dikenal sejak zaman dahulu. Bahan-bahannya sangat sederhana, yaitu kombinasi tepung, susu, dan bumbu. Adonan dari bahan-bahan ini kemudian dipanggang pada wajan berbentuk ceper sehingga menghasilkan panekuk yang gepeng. Setelah matang, panekuk disajikan dengan madu dan sirup buah.

Panekuk populer di Eropa mulai 1430-an. Panekuk sering disajikan oleh masyarakat di wilayah timur Eropa sebagai menu khas sebelum Paskah. Makanan ini dikenal dengan istilah Pancake Tuesday. 

Sementara itu, di Perancis ada olahan makanan seperti panekuk, tetapi dengan tekstur tipis dan crispy. Orang-orang menyebutnya crepes. Ada juga galettes yang berbentuk lebih tebal. Berbeda lagi di Jerman, panekuk khasnya disebut pfannkuchen. Teksturnya padat dan terbuat dari bahan dasar kentang.

Jika Anda berkunjung ke Irlandia, ada panekuk yang disebut boxtry. Tekstur dan bahan dasarnya sama dengan pfannkuchen. Nah, kalau di Amerika lebih dikenal istilah nokehick, yaitu adonan lembut berbahan dasar jagung dan dibuat menggunakan tangan.

Dadar gulung, panekuk khas Indonesia, tak kalah menarik dengan berbagai variasi panekuk di negara-negara lain. Apalagi dengan isi spesialnya yang menggugah selera, makanan ringan ini banyak digemari oleh berbagai kalangan dari masa ke masa.

Cara Membuat Dadar Gulung

Bahan-bahan

  • 22 buah pisang kepok kukus
  • Meses cokelat
  • Keju parut

Bahan kulit

  • 250 gram tepung terigu Kunci Biru
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm cokelat bubuk, seduh dengan sedikit air panas, aduk-aduk dan sisihkan
  • 450 ml susu cair UHT
  • 3 sdm minyak goreng

Cara Membuat Dadar Gulung :

  1. Masukkan gula, garam, telur ke dalam baskom dan aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk-aduk kembali sambil tuang susu cair, aduk menggunakan balon wisk hingga tidak ada yang bergerindil
  2. Saring adonan kemudian masukkan minyak goreng, aduk rata
  3. Ambil sedikit adonan untuk membuat motif dadar gulung
  4. Tambahkan coklat bubuk yang sudah dicairkan ke dalam sisa adonan, aduk hingga tercampur rata
  5. Siapkan teflon dan olesi dengan margarin, tuang satu sendok sayur lalu goyangkan teflon sampai pinggiran kulit sedikit kering, angkat dan lakukan hingga adonan habis
  6. Beri pisang, coklat, dan keju diatas dadar kemudian gulung
  7. Dadar gulung pisang coklat keju pun siap dihidangkan

Nah itulah sejarah dan cara membuat dadar gulung yang mudah dirumah semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!.

Baca Juga :