Ternayata Mudah Cara Bikin Kacang Bawang Tanpa Santan Yang Gurih

Sedang mencari inspirasi cara bikin kacang bawang tanpa santan ala rumahan yang dijaimn gurih dan mudah ? Solusinya ada di bawah ini. Bagi anda yang masih pemula jangan ragu atau khawatir takut gagal. Resep di bawah ini cocok bagi pemula yang ingin belajar membuat kacang bawang.

Sebelum saya menjelaskan resep dan cara membuatnya. Saya akan berbagi informasi seputar kacang bawang 

Kacang Bawang 

Kacang bawang atau kue bawang adalah merupakan cemilan yang renyah dan gurih bercitarasa bawang dengan tambahan aroma khas daun jeruk.

Cemilan ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Hampir semua kalangan usia menyukainya.

Tak hanya rasanya yang enak dan gurih saja, kacang bawang ternyata juga bisa menjadi sumber protein nabati untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengadung serat dan magnesium yang dapat mencegah berbagai macam penyakut seperti jantung dan stroke.

Memasak kacang bawang bisa jadi kegiatan seru dirumah. Selain itu, cara memasak kacang bawang tidaklah begitu sulit dipraktikkan.

Cara memasak kacang bawang sangatlah mudah dan juga  bahan yang diperlukan tidak banyak. Jika memiliki waktu luang sebaiknya anda membuat cemilan tersebut dirumah karena  lebih hemat dan bisa membuatnya dalam jumlah yang banyak. Selain itu anda juga bisa memastikan kualitas kacang bawang yang akan dibuat.

Kali ini dalam proses pembuatanya tidak menggunakan santan. Sehingga minim kolestrol ya sob. Yuk langsung saja simak penjelasan cara membuatnya 

Cara Bikin Kacang Bawang Tanpa Santan

Bahan – Bahan :

  • 1 kg kacang tanah yang sudah di kupas.
  • 8 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya
  •  Penyedap ayam/sapi ( sesuai selera )
  • Air
  • Minyak Goreng
  • Bawang putih yang sudah digoreng

Cara Membuat Kacang Bawang  :

  1. Ulek kasar bawang putih.
  2. Masukan kacang,bawang putih yg sudah d ulek,garam,penyedap dan beri air hingga terendam.
  3. Ungkep hingga mengembang dan air berkurang -+20menit.
  4. Angkat dan tiriskan.
  5. Goreng dengan minyak panas sampai terendam.
  6. Setelah kuning kecoklatan angkat lalu tiriskan.
  7. Jika sudah lalu beri topping bawang putih dan jangan lupa simpan di wadah yang tertutup.

Nah bagaimana hanya dengan 7 langkah saja kalian sudah bisa menikmati lezatnya kacang bawang. Selain renyah dan gurih ternyata cemilan tersebut juga ada manfaatnya bagi tubuh loh.

Kacang tanah yang merupakan bahan dasar kacang bawang tersebut memiliki beberapa manfaat baik untuk tubuh. Ingin tau apasaja, berikut adalah penjelasannya

Manfaat Kacang Tanah

Kacang Tanah mengandung berbagai gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun Kacang yang padat kalori dan mengandung lemak tinggi ini harus dikonsumsi dalam jumlah sedang (tidak boleh konsumsi berlebihan) karena mudah menyimpan beban kalori yang sangat besar. Berikut ini adalah manfaat kacang tanah bagi kesehatan kita.

1. Membantu mencegah risiko Diabetes

Kacang Tanah mengandung Mangan yang dapat meningkatkan metabolisme lemak dan karbohidrat  sehingga memungkinkan lebih banyak glukosa untuk masuk ke sel otot dan dan hati serta membantu menstabilkan kadar gula darah. Kondisi ini sangat ideal untuk menjaga sensitivitas insulin pada tubuh. Selain itu Kacang Tanah juga mengandung kadar gula yang relatif rendah.

2. Mencegah pembentukan Batu Empedu

Batu empedu pada dasanya bukanlah batu yang sebenarnya, batu empedu merupakan gumpalan asam empedu semi padat yang mungkin memiliki terlalu banyak kolesterol di dalamnya.

Kacang tanah memiliki MUFA sehat (asam lemak tak jenuh tunggal) yang tinggi dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL) dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (kolesterol HDL) dalam darah sehingga mampu mengurangi kemungkinan terbentuk asam empedu yang tinggi kolesterol.

3. Menurunkan Risiko Stroke

Kacang Tanah megandung senyawa Resveratrol yang dapat membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh Angiotensin, yaitu sejenis hormon yang memyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Angiotensin sangat diperlukan oleh ketika tubuh menderita dehidrasi ekstrem atau kehilangan darah, tetapi hormon ini merupakan beban bagi tubuh kita apabila tekanan darah dalam keadaan normal.

Di samping itu Kacang Tanah juga membantu meningkatkan penghasilan kadar oksida nitrat (nitric oxide) yang dapat membantu pembuluh darah rileks dan melebar dengan mudah.

4. Menjaga kesehatan Jantung

Kacang Tanah memiliki berbagai sifat  dan kandungan yang dapat berkontribusi bagi kesehatan jantung kita seperti mengandung lemak baik, Resveratrol dan berbagai mineral mikro lainnya yang memfasilitasi fungsi tubuh kita secara optimal.

Dengan mengurangi potensi menyempitannya pembuluh darah dan membantu membersihkan darah dari kolesterol jahat.

Itulah rangkuman beberapa manfaat kacang tanah bagi tubuh. Semoga dapat bermanfaat dan juga menambah pengetahuan anda.

Demikianlah resep dan cara bikin kacang bawang tanpa santan ala rumahan dijamin gurih kriuk dan kres. Ayo tunggu apalagi segera praktekkan dirumah ya. Selain resep tersebut anda juga bisa mempelajari cara membuat kacang bawang renyah dan empuk tanpa santan.