Inspirasi Cara Membuat Kacang Kapri Goreng Di Rumah

Sedang mencari inspirasi cemilan yang enak dan gurih. Saya punya solusinya nih sobat, mending sobat coba bikin sendiri aja kacang kapri goreng. Berikut adalah resep dan cara membuat kacang kapri goreng

Sebelum saya menjelaskan resep dan cara membuat kacang kapri goreng. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai kacang kapri 

Kacang Kapri

Kapri atau kacang kapri (Pisum sativum L. ssp. sativum, suku polong-polongan atau Fabaceae) adalah sejenis tumbuhan sayur yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional Indonesia.

Kapri termasuk dalam golongan sayur buah, artinya buahnya yang dimakan sebagai sayur dan tidak digolongkan sebagai buah-buahan, seperti juga tomat atau cabai.

Buah ini, yang bertipe polong (legume), dipanen ketika masih muda dan bijinya belum berkembang penuh, sehingga berbentuk pipih dan masih lunak. Jika terlalu tua dipanen polong kapri berserat tebal dan tidak nyaman lagi untuk dikonsumsi.

Kapri masih satu jenis dengan ercis (kadang-kadang dicampuradukkan) dan termasuk salah satu sayuran yang paling dini dikonsumsi manusia. Terdapat beberapa bukti budidaya di wilayah perbatasan Thailand dan Myanmar 12 ribu tahun yang lalu.

Tumbuhan kapri, yang tumbuh baik di dataran tinggi, tumbuh merambat sehingga memerlukan penopang dalam budidayanya. Di Indonesia ia biasanya ditopang dengan tongkat-tongkat tipis dari bambu.

Ada dua tipe kapri yang agak berbeda meskipun keduanya dapat dimakan polongnya secara keseluruhan. Yang pertama adalah yang berbiji pipih. Tipe ini populer di Indonesia. Tipe yang kedua adalah yang berbiji bulat. 

Kebanyakan masakan yang menggunakan kapri adalah masakan yang sudah terpengaruh oleh budaya Tiongkok. Seperti nasi goreng atau capcai.

Namun kali ini sedikit berbeda dengan biasanya. Resep yang satu ini menjadikan kapri sebagai cemilan yang gurih kriuk kres dan pastinya enak. Langsung saja yuk sob, simak resepnya baik – baik ya !

Cara Membuat Kacang Kapri Goreng 

Bahan – Bahan : 

  • 200 gram kacang polong
  • 300 ml air
  • 1 butir telur
  • Garam secukupnya
  • 5 sendok makan tepung KFC
  • 3 sendok makan tepung tapioka

Cara Membuat Kacang Kapri Goreng : 

  1. Langkah pertama yaitu campur kacang polong dan air, lalu masukkan ke dalam microwave selama 5 menit atau boleh direbus juga selama 5 menit.
  2. Selanjutmya saring kacang polong supaya kering.
  3. Masukkan 1 butir telur, garam secukupnya, 5 sendok makan tepung KFC, 3 sendok makan tepung tapioka, ke kacang polong tadi, aduk – aduk hingga semua bahan tercampur rata. Biarkan kurang lebih 15 menit.
  4. Panasakan minyak dalam wajan
  5. Goreng kacang polong tepung ke dalam minyak yang panas hingga kecoklatan.
  6. Jika sudah angkat lalu tiriskan
  7. Kacang polong siap untuk disajikan. 
  8. Simpan kacang kapri goreng ke dalam toples kedap udara. 

Nah itulah resep dan cara membuat kacang kapri goreng. Selain enak rasanya ternyata kacang kapri juga memiliki banyak manfaat loh. Ingin tau apasaja manfaatnya ? simak di bawah ini ya 

Manfaat Kacang Kapri 

1. Menangkal Radikal Bebas 

Salah satu manfaat kacang kapri bagi kesehatan tubuh yakni membantu menangkal radikal bebas.

Hal ini dikarenakan kacang berwarna hijau ini mengandung antioksidan, yaitu fenol dan polifenol yang terdapat pada biji kacang dan polongnya.

Sementara itu, antioksidan pada kacang kapri membantu tubuh melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel, DNA, dan protein dalam tubuh.

Tak heran bila konsumsi kacang kapri pada jumlah sewajarnya dianggap dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Selain menangkal radikal bebas, manfaat kacang kapri lainnya yaitu menjaga kesehatan jantung.

Bagaimana tidak, jenis kacang polong ini kaya akan mineral yang menyehatkan jantung. Hal ini ternyata membantu mencegah tekanan darah tinggi yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.

Tak hanya itu, kandungan serat yang tinggi pada kacang kapri telah terbukti dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

Maka dari itu, Anda mungkin bisa menambahkan kacang kapri dalam menu makanan guna memelihara kesehatan jantung.

3. Mengontol Kadar Gula Darah

Berkat kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya, kacang kapri dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah, terutama pada penyandang diabetes.

Begini, polong-polongan merupakan salah satu jenis makanan dengan indeks glikemik yang rendah karena kaya akan pati dan serat.

Di lain sisi, makanan dengan indeks glikemik yang rendah membantu melepaskan gule ke dalam darah secara perlahan. Hal ini yang membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

Meski begitu, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efek kacang kapri berkhasiat dalam mengontrol gula darah.

Nah itulah manfaat kacang kapri bagi tubuh. Jangan lupa untuk mempraktekkan cara membuat kacang kapri goreng. Sobat juga bisa mempelajari cara memasak kacang bawang. Selamat mencobanya pastikan anda mengikuti langkah – langkah tersebut dengan benar semoga berhasil !