Cara Bikin Sambal Bawang Mentah Dijamin Lezat Nampol

Bagi kalian yang ga afdhol kalo makan ngga pake sambel. Kalian wajib tau resep sambel yang satu ini yaitu cara bikin sambal bawang mentah. Resep yang satu ini beda dengan yang biasanya loh. Dan pastinya rasanya juga beda yang ini jauh lebih enak juara 

Eits, tetapi sebelum saya menjelaskan step – step nya. Saya akan memberikan sedikit informasi mengenai sambal bawang terlebih dahulu ya 

Sambal Bawang 

Sambal bawang banyak orang mengenal sambal ini melalui makanan yang viral pada masanya hingga saat ini yaitu ayam geprek. Sambal yang satu ini sangat mudah membuatnya dengan bahan yang juga sangat sederhana.

Sambal bawang adalah jenis sambal yang menggunakan cabai rawit dan bawang sebagai bahan utamanya. Secara umum, tiap produk sambal juga mengandung garam, gula, dan minyak.

Pada beberapa produk terdapat pula bahan tambahan lain, seperti terasi, potongan ikan, kacang, atau dedaunan bumbu masak. Hal itu membuat sambal menjadi lebih kaya rasa.

Biasanya, sambal bawang dihidangkan bersama jenis makanan yang digoreng atau dipanggang. Meski demikian, ada juga sambal bawang yang cocok digunakan sebagai pelengkap nasi putih, mi, atau bakso. Rasa pedas bercampur gurih ini membuat sambal bawang menjadi salah satu sambal favorit orang Indonesia.

Salah satu masakan viral dan trend yang menggunakan sambal bawang mentah adalah ayam geprek. Makanan ini sangat populer di kalangan anak muda.

Sambal mentah dari dengan bahan bawang putih dan cabe merah ini juga pas untuk menemani lauk rendang. Nasi putih + daging rendang + sambal bawang mentah wah pas banget tuh.

Apalagi menyantapnya menggunakan nasi yang masih hangat. Pasti membuat nafsu makan anda bertambah. Sensasi pedas gurihnya membuat anda ketagihan.

Penasaran dengan resep sambel viral yang satu ini ? Yuk langsung saja simak penjelasan resep dan caranya di bawah ini 

Cara Bikin Sambal Bawang Mentah 

Bahan – Bahan : 

  • 250 gram cabai rawit
  • 50 gram cabai keriting
  • 1 bonggol bawang putih yang telah dikupas
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk

Cara Membuat Sambal Bawang Putih :

  1. Langkah pertama yaitu didihkan air, lalu rebus cabai rawit, cabai keriting, dan bawang putih. Setelah selesai angkat lalu tiriskan
  2. Selanjutnya haluskan ketiga bahan yang sudah di rebus tersebut menggunakan chopper. Jika anda tidak memiliki chopper anda bisa menghaluskanya manual menggunakan uleg tangan. Jangan terlalu halus ya sob karena cir khas sambel bawang itu sedikit kasar.
  3. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng sambal yang telah dihalukan tadi. Aduk – aduk dengan api sedang. Masak hingga minyaknya berwarna kemerahan. Tambahkan garam, kaldu jamur, dan kaldu ayam bubuk sesuai selera.
  4. Sambal ayam geprek siap disajikan

Nah itulah cara membuat sambal bawang putih. Bagiamana sobat ? Anda tertarik mencobanya ? Sebenarnya tidak hanya sambal bawang saja. Masih banyak aneka macam sambal ciri khas Indonesia, berikut adalah rangkuman beberapa sambal nusantara

1. Sambal Matah

Sambal matah termasuk ke dalam sambal iris, untuk membuatnya semua bahan hanya perlu diiri-iris. Sambal matah merupakan sambal khas Bali.

Rasa pedas dari sambal matah sangat terasa, sebab sambal ini tidak dimasak melainkan mentah atau matah dalam bahasa Bali. Cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk limau, garam dan minyak dicampur menjadi satu untuk membuat sambal matah khas Bali ini.

2. Sambal Ijo 

Sambal ijo berasal dari Padang, kata ijo adalah bahasa lokal yang merujuk kepada warna sambal, yaitu hijau. Bahan utama untuk membuat sambal ini adalah cabai hijau sehingga warna sambal pun sesuai dengan warna cabai yang dipakai. Racikannya sendiri terdiri dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau.

Rasa yang bisa anda dapatkan dari sambal ijo adalah rasa gurih serta berminyak. Jika masih asing dengan sambal satu ini, kamu bisa sering menemukannya di rumah makan padang.

3. Sambal Bajak 

Sekilas mirip dengan sambal terasi. Namun bahan baku yang dipakai ada yang berbeda, sehingga rasanya pun akan berbeda. Di dalam racikan sambal bajak juga ditambahkan daun salam, lengkuas, gula merah dan air asam.

Sambal bajak cocok untuk dijadikan cocolan ayam goreng atau ikan bakar. Lebih nikmat lagi ditambah nasi putih hangat.

4. Sambal Terasi 

Sambal terasi sangat terkenal di Indonesia dengan cita rasa khas sambal pedas serta gurih dan beraroma terasi. Terasi adalah bumbu khas Indonesia yang berasal dari udang.

Racikan sambal terasi sebenarnya hanya berupa racikan sambal yang umum, yaitu cabai, bawang merah dan bawang putih hanya saja ditambah dengan terasi.

Nah itulah beberapa macam sambal nusantara. Jangan lupa untuk mempraktekan resep cara bikin sambal bawang Mentah ya sob. Selain resep sambal tersebut anda juga bisa mempelajari . Selamat mencobanya dan semoga berhasil !