Cara Mudah Membuat Coffe Latte Tanpa Mesin Espresso

Ternyata secangkir coffee latte bisa dinikmati tanpa harus menggunakan mesin espresso. Mau coba?

Di benak banyak orang mungkin membuat secangkir coffee latte atau cappuccino haruslah menggunakan mesin espresso. Padahal jika kamu tahu, secangkir coffee latte yang nikmat ternyata bisa dibuat dengan alat-alat kopi yang sudah kita miliki di rumah. Serunya lagi ternyata membuat coffee latte itu mudah dan tak pakai ribet. Dengan menggunakan alat kopi yang sudah kita miliki secangkir coffee latte atau cappuccino bisa dinikmati dengan rasa yang tak kalah nikmat dari yang dihasilkan mesin espresso.

Coffee latte dan cappuccino terdiri dari espresso, steamed susu dan foam susu. Biasanya dengan menggunakan mesin espresso, coffee latte dibuat dengan espresso dari mesin espresso dan susu beserta foam yang dihasilkan oleh steamer yang ada di mesin espresso tersebut. Nah, jika kita tak memiliki mesin espresso, bagaimana cara membuat coffee latte dan cappuccino? Tenang, berikut tips mudah cara membuat café latte dan cappuccino tanpa menggunakan mesin espresso. Selamat mencoba.

 

Cara Membuat Espresso

KREMA PADA ESPRESSO: PENTINGKAH? | Otten Coffee

Tanpa mesin espresso, secangkir tetap bisa disajikan, bukan? Sebagai peminum kopi sejati kamu pasti memiliki satu atau dua alat kopi yang bisa menghasilkan espresso. Jika kamu memiliki alat seperi Handpresso, Rok Presso dan Minipresso, membuat coffee latte dan cappuccino akan sangat mudah. Karena kedua alat ini sudah mampu menghasilkan kualitas espresso yang nyaris sama seperti mesin espresso. Tak hanya alt kopi tersebut yang bisa menghasilkan espresso, alat kopi manual brewing seperti aeropress juga bisa digunakan. Dengan menggunakan Aeropress dan menambah dosis kopi agar bisa menghasilkan kopi yang lebih strong maka ini juga bisa menjadi bahan dasar membuat coffee latte dirumah.

 

Cara Membuat Steamed & Foam Susu

Steaming Milk

Untuk membuat steamed dan foam susu sebenarnya tidak diperlukan alat pembuat foam mewah. JIka kamu sudah punya Aerolatte dirumah tentu saja membuat steamed dan foam susu untuk coffee latte dan cappuccino menjadi lebih mudah. Tapi bagaimana jika kamu tak memiliki alat kopi apapun untuk membuat foam susu? Tenang jangan khawatir karena ternyata membuat foam susu tak sesulit yang dibayangkan. Berikut adlah cara membuatnya :

1. Masukkan susu (gunakan susu 2% atau nonfat0 ke dalam toples tahan panas dan tutup rapat.

2. Kocok susu tersebut sampai berbusa. Usahakan shake dengan cepat dan berulang-ulang sampai satu menit.

3. Buka penutup toples lalu masukkan toples berisi susu ke dalam microwave. Diamkan selama 30 detik. Susu akan membentuk menjadi foam dengan sendirinya.

4. Foam susu siap untuk digunakan.

 

Cara Membuat Coffee Latte & Cappuccino

Resep Minuman Coffee Latte Ala Cafe, Favorit Banyak Orang

1. Siapkan cangkir kopi favorit kamu.

2. Masukkan espresso yang telah dibuat dengan menggunakan Handpresso, Minipresso, Rok Presso, Aeropress atau alat kopi lainnya.

3. Tuangkan susu yang telah dimasukkan ke microwave tadi.

4. Tambahkan foam susu yang juga telah dibuat di microwave secukupnya. Jangan sampai terlalu penuh agar tak tumpah di cangkir kamu.

5. Tuangkan foam dengan menggunakan sendok di bagian tengah kopi agar rata.

6. Tambahkan cocoa butter atau coklat bubuk sebagai garnishnya.

7. Coffee latte atau cappuccino kamu siap untuk dinikmati

Jika anda tertarik dengan coffee latte ini anda juga bisa membuka usaha coffee shop. Berikut ini adalah alasan bisnis coffee shop menjadi bisnis yang menjanjikan.

 

Alasan Bisnis Coffee Shop Menjadi Bisnis Yang Sangat Menjanjikan

Mau Buka Coffee Shop? Siapkan Peralatan-peralatan Ini! - Pawoon

Bisnis coffee shop masih dinilai sebagai bisnis yang menggiurkan. Target pasarnya sangat banyak, tidak hanya para pencinta kopi, melainkan juga masyarakat biasa. Sebab, ngopi di coffee shop atau kafe merupakan tren yang tak pernah lekang termakan zaman dan seakan telah membudaya bagi masyarakat Indonesia. Peluang untuk usaha ini pun masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja. Berikut ini adalah beberapa alasan bahwa bisnis coffee shop dapat menjadi bisnis yang menjanjikan:

 

Memiliki Pasar Yang Luas

Seperti yang telah Anda ketahui, bisnis coffee shop ini memiliki pasar yang sangat luar di mana, semua kalangan dari kelas bawah hingga atas, usia remaja hingga dewasa, dapat dipastikan menyukai kopi. Hal inilah yang membuat bisnis ini dapat meraih keuntungan besar. Namun, untuk meraup untuk yang besar, anda juga harus menyediakan kopi yang nikmat dan memilih tempat yang nyaman, harga terjangkau, serta pelayanan yang baik.

 

Peluang Mendapatkan Omzet Harian Lebih Mudah

Berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis coffee shop memungkinkan anda untuk mendapat keuntungan atau omzet perhari. Dimana, omzet ini akan meningkat ketika weekend dan hari libur.

 

Yang Diperlukan Hanya Menu-Menu Sederhana

Jika Anda ingin memulai bisnis coffee shop, anda harus bisa menwarkan menu sederhana yang dikemas secara unik dan modern. Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen, seperti cappuccino, green tea, moka, milk shake, dan lainnya. Anda juga bisa menyajikan makanan ringan yang bisa mendampingi konsumen saat sedang meminum kopi, misalnya dengan kentang goreng, burger, roti bakar, dan makanan ringan lainnya.

 

Tidak Memerlukan Bangunan dan Design Yang Rumit

Tidak perlu menyediakan bangunan coffee shop yang rumit dan terlalu banyak ornamen. Cobalah untuk menyediakan tempat yang membuat pengunjung nyaman dan berada di lokasi yang strategis. Karena, saat ini tren masyarakat Indonesia adalah menikmati kuliner di tempat sederhana. Berikan unsur yang membuat mereka nyaman minum kopi senyaman mereka minum kopi dirumah. Anda juga bisa memberikan fasilitas seperti WiFi gratis, colokan listrik, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan mereka yang ingin menikmati kopi sekaligus bekerja. Dari sini anda pasti sudah melihat betape menjanjikannya bisnis coffee shop.

 

Nah itulah tadi cara membuat coffee latte dan juga alasan kenapa bisnis coffee shop menjadi bisnis yang menjanjikan. Terimakasih telah membaca artikle ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Baca Juga :