Ini Cara Gampang Bersihkan Jok Kulit

Penasaran bagaimana cara bersihkan jok kulit mobil yang tadinya kusam agar kembali bersih cemerlang layaknya jok mobil baru? Mudah, kok. Hanya saja, Anda harus mengetahui rumus dasarnya sehingga jok mobil terhindar dari kerusakan. 

Jok bermaterial kulit dijual dengan harga mahal. Sayang ‘kan jika salah dalam perawatannya. Alih-alih ingin membuat jok tidak lagi kusam, justru membuat tampilannya menjadi buruk. 

baca juga: cuci jok mobil di bekasi

Tips Mudah Tentang Cara Bersihkan Jok Kulit Mobil yang Tepat 

Jok kulit akan memberikan kesan mewah dan elegan pada interior kendaraan. Selain itu, penumpang akan merasa lebih nyaman duduk di atasnya.

Uniknya, perawatannya terbilang cukup mudah dibandingkan jok berbahan beludru. Meskipun perawatannya mudah, Anda tetap harus memperhatikan cara tepat membersihkan jok kulit yang tepat.

Siapkan Alat dan Pembersih

Persiapan alat dan pembersih ini bertujuan agar pekerjaan membersihkan jok berjalan lancar. Adapun alat yang wajib dipersiapkan antara lain plas chamois, lap kering, vacuum cleaner (jika ada), dan sikat berbulu lembut. Sebagai pembersihnya, gunakan saja cairan pembersih yang diformulasikan khusus untuk jok kulit.

Bersihkan dari Kotoran dan Debu

Bersihkan jok kulit dari kotoran dan debu yang menempel. Ini bertujuan agar hasilnya nanti bersih maksimal. Gunakan vacuum cleaner agar debu dan kotoran benar-benar hilang.

Aplikasikan Cairan Pembersih

Caranya bisa disemprot atau dioleskan, tergantung wujud pembersih yang digunakan. Saat mengaplikasikannya disarankan tuang atau semprot terlebih dahulu ke kain, jangan langsung ke jok kulit.

Bila Anda baru pertama kali menggunakan cairan pembersih tersebut, ada baiknya mengoleskannya ke bagian jok yang tersembunyi. Apabila aman, maka lanjutkan pemakaian ke bagian jok yang lain.

baca juga: cuci karpet di bekasi

Usap Perlahan dengan Kain Microfiber

Cara bersihkan jok kulit selanjutnya adalah gosokkan kain microfiber yang telah mengandung cairan pembersih tadi ke semua bagian jok. Usap lembut tanpa menekan kuat.

Gosok semua noda atau kotoran hingga bersih. Untuk noda membandel seperti noda tinta pulpen, gunakan sikat pembersih. Bila dirasa perlu, gunakan cairan pembersih noda tambahan yang aman.

Keringkan Segera

Jok kulit tidak dibenarkan dalam keadaan basah atau bahkan kering dengan sendirinya. Ini akan membuat jok lembab hingga akhirnya melengkung kemudian menimbulkan keretakan. Oleh karena itu, setelah mengaplikasikan cairan pembersih, segera lap menggunakan kain microfiber kering yang bersih. 

Aplikasikan Cairan Pelindung

Setelah jok dalam kondisi kering, berikan lapisan pelindung agar jok aman dari panas dan abrasi. Meski bersifat sementara, namun efektif melindungi jok kulit mobil Anda. Oleskan kondisioner ke lap microfiber sebelum mengaplikasikannya ke jok.

Bersihkan jok kulit tidak boleh sering mencucinya. Ini akan membuat jok cepat menjadi kusam warnanya. Sebaiknya, bersihkan jok saat benar-benar kotor saja. Selebihnya, beri perlindungan tambahan dengan melakukan coating.