Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel)

Panel LVMDP atau Low Voltage Main Distribution Panel berfungsi sebagai penerima dan pembagi daya listrik, dimana daya listrik diterima dari transformer (trafo) disalurkan ke panel Low Voltage Sub Distribution (LVSDP), lalu disalurkan ke berbagai alat elektronik.

Bisa dikatakan panel LVMDP bertindak sebagai pusat kendali daya listrik di dalam gedung, seperti kantor, gudang, apartment, hotel, pabrik, dan rumah. Energi listrik akan diproses dan dikontrol terlebih dahulu dari induk daya sebelum dialirkan.

Berikut ini beberapa komponen yang terdapat pada panel listrik low voltage LVMDP yang sering digunakan untuk mengontrol daya listrik agar lebih stabil, diantaranya meliputi:

1. ACB (Air Circuit Breaker)

ACB (Air Circuit Breaker) merupakan penutup sirkuit dengan sarana pemadam busur api berupa udara, pada tekanan ruang atmosfer udara busur api yang timbul akibat proses switching maupun gangguan. ACB ini bisa digunakan untuk tegangan rendah dan tegangan menengah.

2. MCCB (Moulded Case Circuit Breaker)

MCCB (Moulded Case Circuit Breaker) fungsinya selain sebagai penghubung, juga  sebagai pengaman hubungan listrik arus singkat atau arus berlebih. Pada jenis tertentu, pengaman ini memiliki kemampuan pemutus arus listrik yang bisa diatur sesuai keinginan..

3. MCB (Mini Circuit Breaker)

MCB (Mini Circuit Breaker) fungsinya sebagai alat pengaman arus lebih. Panel listrik low voltage ini melindungi arus lebih yang disebabkan oleh beban lebih dari hubungan pendek. Dengan kata lain, MCB ini prinsip kerjanya untuk pemutusan arus lebih.

4. CT (Current Transformer)

CT (Current Transformer) merupakan komponen panel listrik terbuat dari bahan baja atau logam berbentuk lingkaran atau gelang persegi dan tengahnya berlubang. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penurun arus atau tegangan pada panel box.

5. Landasan

Adapun fungsi landasan adalah sebagai pengaman listrik. Lebih tepatnya pengaman listrik akibat kabel terkelupas, lalu mengenai bagian peralatan elektronik atau peralatan listrik. Dengan adanya komponen ini maka aliran listrik lebih aman.

Demikian penjelasan mengenai komponen panel listrik low voltage pada produk LVMDP. Jika ingin membeli panel listrik ini, silahkan bisa kunjungi Galleoncy.com, perusahan penyedia kebutuhan listrik yang handal dan terpercaya.