Kapan Waktu yang Baik Untuk Melaksanakan Khitan Bagi Anak Laki-Laki?

Setidaknya ada dua alasan mengapa Anda harus mengantar anak laki-laki ke tempat khitanan di Bandung. Alasan pertama adalah karena agama dan kedua karena budaya atau tradisi. Khitanan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh muslim laki-laki.

Secara budaya, anak laki-laki disunat sebelum memasuki usia remaja atau bahkan saat masih balita. Akan tetapi masih ada orangtua yang bingung menentukan kapan waktu yang tepat untuk khitan. Berikut informasi selengkapnya.

Usia yang Dianjurkan Untuk Melakukan Khitan

Warga negara Barat banyak yang memperdebatkan mengenai waktu pelaksanaan khitan secara medis lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan pria? Ada sebuah penelitian yang dimuat dalam Iranian Red Crescent Medical Journal.

Penelitian tersebut berjudul At What Age Range Should Children Be Circumcised? Penelitian tersebut dilakukan di rumah sakit Erzincan University of Medical Sciences yang terdapat di Turki pada tahun 2014. Anak-anak yang melakukan khitan saat itu dibentuk dalam 3 kelompok.

Ketiga kelompok tersebut adalah kurang dari satu tahun, ada yang usianya 1 – 7 tahun dan kelompok ketiga usianya di atas 7 tahun. Lalu hasilnya bagaimana? Semuanya mulai dari efek anestesi setelah pembedahan, waktu keluar dari rumah sakit dan biaya terendah semuanya merujuk ke grup 1.

Anak usia yang lebih dari 1 tahun itu membutuhkan anestesi umum atau ketamin sebelum dibedah. Sedangkan anak yang kurang dari  1 tahun itu hanya membutuhkan midazolam saja sebagai obat bius. Jadi Anda bisa membawa anak Anda ke tempat khitanan di Bandung saat usianya kurang dari 1 tahun.

Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Khitanan

Setelah mengetahui berapa usia ideal anak melakukan khitanan, sekarang membahas waktu yang tepat apakah harus di pagi hari atau boleh malam hari? Dulu sebelum obat bius dikenal, sunatan dilakukan pada pagi hari.

Hal ini dikarenakan untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat pembedahan. Akan tetapi sekarang teknologi kedokteran sudah semakin canggih jadi sunat bisa dilakukan kapan saja, apalagi sekarang ada revolusi sunat tanpa menggunakan jarum suntik jadi bisa mengurangi rasa sakit.

Adanya perkembangan teknologi di tempat khitanan di Bandung membuat anak laki-laki tidak lagi takut disunat karena rasa sakitnya bisa diminimalisir. Salah satu tempat sunat yang terkenal adalah Klinik Seruni dan sudah memiliki banyak klien. Informasi selengkapnya bisa Anda lihat https://klinikseruni.id/.