Sistem Kerja Genset dalam Sebuah Industri

Jika Anda sedang mencari referensi dalam memilih genset untuk kebutuhan bisnis atau pribadi, maka sebelumnya Anda harus mengetahui cara kerja mesin tersebut. Setelah paham, Anda bisa mulai mencari distributor genset Jakarta terbaik yang menyediakan genset berkualitas tinggi.

Genset memang bisa menjadi solusi terbaik untuk menghasilkan daya listrik yang lebih besar dan stabil dalam berbagai kondisi. Selain itu, genset bisa digunakan sebagai alternatif jika arus listrik utama sedang padam atau mengalami gangguan.

Sistem Kerja Genset

Genset bekerja dengan mengubah energi gerak atau kinetik dari luar menjadi energi listrik yang bisa disalurkan untuk berbagai alat. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa genset bukan ‘membuat’ listrik sendiri. Tidak perlu kesulitan Anda bisa dengan mudah mencari distributor genset Jakarta.

Genset sendiri menghasilkan energi dengan menggunakan bahan bakar bensin atau solar menjadi energi gerak, lalu diubah menjadi daya listrik oleh alternator. Listrik ini muncul dalam gulungan kawat melalui sebuah sirkuit listrik eksternal.

Selain itu, saat membeli genset dari distributor genset Perkins di Jakarta Anda harus pastikan genset dalam keadaan baik supaya bisa bekerja dengan maksimal saat digunakan. Meski membeli dengan harga rendah, jika dalam kondisi baik maka akan tetap bekerja baik pula.

Genset sendiri sebetulnya bekerja dengan cara GGL atau Gaya Gerak Listrik Induksi. Metode ini adalah salah satu bagian penting dalam pembangkit listrik pada sebuah generator. Ada tiga prinsip utama dalam proses kerja generator ini, yaitu;

1. Fluks Magnet

Keberadaan fluks magnet ini dihasilkan dari kutub – kutub magnet yang ada dalam mesin.

2. Kawat penghantar Listrik

Kawat penghantar listrik ini menjadi tempat terbentuk dan tersalurkannya aliran listrik.

3. Gerakan

Gerakan yang dimaksud adalah gerakan yang terjadi antara penghantar dan fluks magnet.

Cara kerja genset juga bergantung pada komponen utama yang ada di dalamnya. Berikut beberapa bagian utama yang berperan penting dalam mesin genset;

− Engine

− Altenator

− Fuel System

− Voltage Regulator

− Cooling and Exhaust Systems

− Lubrication System

− Battery Charger

− Control panel

− Main Assembly atau Frame

Sembilan komponen tersebut akan saling bekerja untuk bisa menghasilkan daya listrik yang maksimal. Memahami bagaimana cara kerja genset sebelum memutuskan membelinya adalah hal bijak yang perlu dilakukan, apalagi jika Anda membutuhkannya untuk kepentingan pribadi.

Jika Anda sudah siap memiliki genset, Anda bisa menghubungi Diesel Genset Perkins sebagai distributor genset Jakarta yang sudah terjamin kualitasnya. Langsung hubungi kami atau lihat dulu koleksi katalog online dengan klik https://www.dealergensetperkins.com/.