Waspada Ear Mites atau Tungau Telinga Penyebab Infeksi pada Kucing

Buat Pecinta Kucing, 5 Tips Menangani Serangan Tungau di Telinga Kucing Peliharaan

Buat Anda pecinta kucing dan memeliharanya di rumah, ada baiknya memiliki wawasan dan pengetahuan yang mumpuni mengenai hewan bermata bola gundu tersebut. Mulai dari soal makanannya yang pas, kesukaannya, hal yang tidak dibencinya, apa arti dari suara meongnya yang suka terdengar berbeda-beda, dan bagaimana jika kucing itu memberi tanda kalau dirinya sakit. Termasuk bagaimana kucing itu mengalami serangan tungau di bagian tubuhnya, terutama di dalam telinganya.

Kunjungi juga: https://gradeshomecleaning.net/cuci-sofa-cikarang/

Pastinya sangat tidak nyaman buat si kucing jika ada hewan kecil jenis arthopoda seperti kutu dan tungau ada di bagian tubuhnya. Jadi, seperti apakah tanda-tandanya kucing peliharaan kita itu mengalami serangan tungau? Bagaimana cara mengatasinya? 

Buat pecinta dan Memelihara Kucing di rumah, berikut ini kita akan bahas tentang penanganan serangan dan gangguan tungau pada hewan peliharaan kita tersebut.

5 Tips Menangani Gangguan Tungau  di Telinga Kucing Peliharaan

Tungau Kucing atau Ear Mites memiliki nama istilah latin otodectes cynotis. Bentuk tungau sangatlah kecil, nyaris tak terlihat. Hanya kita bisa lebih jelas melihatnya secara jelas melalui mikroskop, atau kaca pembesar, dan terkadang kita bisa melihat seperti butiran sangat kecil yang jatuh ketika si kucing menggoyang-goyangkan kepalanya karena gatal.

Tungau pada telinga kucing bisa begitu mudahnya masuk dan hidup di dalam telinga kucing. Bisa dari debu, ketularan kucing lainnya, dan karena kucing bermain di tempat-tempat kotor, seperti main di bawah mobil atau rumah kosong.

kunjungi juga: https://gradeshomecleaning.net/cuci-springbed-cikarang/ 

Gerombolan tungau sangat senang tinggal dan hidup berkembang biak di saluran telinga kucing. Ini karena bagian telinga dalam kucing sangat hangat, lembab dan nyaman buat mereka. Nyaman buat tungau, namun sangat mengganggu buat si kucing. Tanda-tanda si kucing mengalami serangan tungau dalam telinganya, yakni dengan seringnya dia menggoyang-goyangkan kepala dan menggaruk telinganya. 

Serangan dan gangguan tungau pada telinga kucing itu efeknya juga bisa membahayakan buat si kucing. Tungau dewasa akan melahap minyak kulit, kotoran telinga dan darah di dalam telinga kucing. Ini bisa menyebabkan infeksi. Apalagi jika si kucing terlalu kuat menggaruk kupingnya hingga berdarah dan menyebabkan luka hingga bengkak. Lebih parah lagi, jika kucing harus mengalami serangan tungau yang suka menyerang kulit badan, sehingga bulu-bulu hewan peliharaan kita mudah rontok dan berjatuhan.

Berikut 5 Tips Menangani Tungau Telinga dalam Memelihara Kucing:

  1. Rutin membersihkan telinga kucing dengan olesan kapas dan minyak zaitun/baby oil namun jangan sampai terlalu dalam;
  2. Rutin memandikan kucing dengan sabun khusus anti-tungau;
  3. Minta cairan/ obat tetes khusus dari dokter hewan yang bisa dimasukkan ke dalam telinga kucing;
  4. Kucing yang terserang tungau jangan disatukan dengan kucing peliharaan kita lainnya, karena serangan tungau gampang menular;
  5. Untuk pengobatan alami, cuka apel yang mengandung anti-jamur bisa dioleskan ke telinga kucing yang terserang tungau.

Memelihara Kucing sangat menyenangkan jika Anda tahu bagaimana cara bermain dan hidup berdampingan dengan mereka.