Tipe-tipe Pintu Ruang Operasi

Pemilihan jenis pintu dalam sebuah bangunan sudah pasti selalu disesuaikan dengan fungsinya. Salah satunya pada pemilihan pintu ruang operasi di rumah sakit. Pintu ini perlu dibedakan dari jenis pintu yang lain. Adapun ruang operasi merupakan ruang di mana segala hal di dalamnya harus berada dalam keadaan steril. Karenanya, diperlukan jenis pintu yang rapat agar tidak terkontaminasi zat dari luar ruang operasi. Pintu ini biasanya disebut sebagai pintu Hermetic.

Pintu Hermetic adalah jenis pintu yang dapat ditutup rapat sampai kedap udara. Hal ini bertujuan agar ruangan tidak terkontaminasi zat-zat dari udara luar. Adapun pintu Hermetic ini terdiri dari dua macam, yaitu sebagai berikut.

Pintu Hermetic Timbal dan Non Timbal

Berdasarkan kandungannya dapat pula dibedakan dua jenis pintu Hermetic, yaitu pintu Hermetic dengan kandungan plat timbal dan non plat timbal. Pintu Hermetic dengan kandungan plat timbal biasanya dipakai di ruangan yang terdapat alat-alat radiologi di dalamnya.

Pintu Hermetic Sliding dan Swing

Seperti pada namanya, pintu Hermetic sliding merupakan jenis pintu geser sedangkan pintu Hermetic swing adalah jenis pintu ayun. Pintu ruang operasi jenis sliding akan lebih menghemat ruang karena tidak membutuhkan ruang lebih untuk membuka pintu.

Pintu Hermetic Otomatis dan Manual

Berdasarkan cara membukanya, terdapat dua jenis pintu Hermetic, yaitu pintu Hermetic manual dan pintu Hermetic otomatis. Jika pintu akan ditempatkan di ruang operasi, maka pintu jenis otomatis lebih disarankan. Pintu otomatis menggunakan sensor yang memungkinkan Anda untuk membukanya tanpa menggunakan tangan. Adanya otomatisasi ini juga memudahkan tenaga medis agar tidak perlu bolak-balik mencuci tangan untuk sterilisasi setelah membuka pintu. Pintu jenis ini cocok sekali untuk digunakan di ruang operasi.

Dalam memilih pintu ruang operasi, Anda harus benar-benar memahami pintu seperti apa yang Anda butuhkan agar lebih tepat guna. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu agar tidak salah memilih pintu. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca website berikut https://selaraslawangsewu.com/.