Daftar Kawasan Industri di IIIE

Kawasan industri BUMN adalah kawasan milik pemerintah Indonesia dan dikelola oleh pemerintah Indonesia juga di bawah pengawasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Pemerintah Daerah yang terdapat di enam wilayah provinsi di Indonesia: Batam, Medan, Jakarta, Makassar, Surabaya, juga Semarang.

Kawasan industri BUMN memiliki berbagai produk untuk berinvestasi untuk para pelaku industri baik dari dalam maupun luar negeri, juga produk-produk industri dan penunjang bisnis kawasan industri.

Beberapa kawasan industri di IIIE tersebut antara lain:

  • PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung

Jakarta Industrial Estate Pulogadung (PT. JIEP) yaitu pengembang serta pengelola kawasan industri yang berdiri pada tanggal 26 Juni 1973 untuk mengganti Proyek Industrial Estate Pulogadung untuk penunjang perkembangan keperluan masyarakat industri. Lokasi Pulogadung menjadi pilihan karena tempatnya yang strategis dan memiliki akses bagus untuk transportasi dan distribusi ke seluruh wilayah Ibu Kota.

  • PT. Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero)

Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) / PT. KIW (Persero) Semarang merupakan perusahaan milik BUMN yang bergerak pada bidang pengembangan serta pengelolaan kawasan industrial. Lahan siap untuk di bangun serta bebas banjir memiliki luas 250 hektar juga bangunan pabrik siap pakai (bpsp) ukuran 54.436 m2.

  • PT. Kawasan Industri Makassar (Persero)

Merupakan BUMN yang dibangun pada tanggal 31 Maret 1988. PT. KIMA (Persero) bergerak pada sektor penyediaan sarana prasarana, pembangunan, pengusahaan, serta pengembangan kawasan industri.

  • PT. Kawasan Industri Medan (Persero)

Merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dibangun pada tanggal 7 Oktober 1988 dengan persentase saham yang terdiri dari Pemerintah RI (pusat) 60%, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara 30%, serta Pemerintah Kota Medan 10%. PT. KIM (Persero) sudah mempunyai luas area 1000Ha serta okupansi 72% .

  • PT. Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (Persero)

Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (Persero) merupakan BUMN yang mempunyai core business pada bidang pengembangan, penyelenggaraan, pengurusan, juga pengusahaan Bonded Warehouse pada pulau Batam.

  • PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero)

Kawasan Berikat Nusantara (Persero) / PT. KBN (Persero) asal mulanya berdiri sebagai PT. Yado Warehousing (Persero) pada tahun 1968. Perusahaan tersebut terletak pada Kampung Bandan, Jakarta Utara, dengan pekerjaan utama mengelola kawasan pergudangan sebagai pintu gerbang usaha impor.

  • PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut

Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) yaitu salah satu perusahaan kepunyaan BUMN yang didirikan pada 28 Februari 1974 di kota Surabaya dalam upaya mendukung pengembangan kawasan industri di Indonesia, terutama Jawa Timur.

Beberapa kawasan industri diatas merupakan kawasan industri di IIIE. Untuk info lebih lanjut silahkan cek ke websitenya https://www.iiie.co.id.