Perhatikan Lagi! Ini 5 Sudut Bagian Rumah Yang Luput Dibersihkan

Yakin rumah Anda sudah benar-benar bersih? Jangan terlalu yakin dulu. Mungkin saja ada bagian rumah yang luput dibersihkan. Seperti di tempat-tempat yang tersembunyi. Atau yang letaknya sulit dijangkau.

Saat membersihkan rumah, kita cenderung hanya memerhatikan apa yang terlihat. Itu sebabnya ada bagian-bagian yang kerap terlewatkan. Padahal bagian-bagian tersebut sangatlah rawan. Di mana paling berpeluang menjadi sarang kuman.

“kunjungi juga: sedot tungau jakarta

Bagian Rumah Yang Sering Luput Dibersihkan

Nah, berikut ini adalah bagian rumah yang sering luput dibersihkan:

  1. Bawah dan Atas Dinding

Kapan terakhir kali Anda ingat membersihkan bagian ini? Bagian bawah dan atas dinding seringkali luput dari perhatian.

Padahal debu dan kotoran sangat mudah menempel di sini. Belum lagi dengan munculnya jamur dan lumut. Untuk itu, jangan lewatkan membersihkannya.

Gunakan kemoceng dan pengisap debu untuk membersihkan kotoran. Dan untuk lumut, Anda bisa gunakan larutan baking soda.

  1. Belakang Lemari

Bagian berikutnya adalah ruang belakang lemari. Tempatnya yang tersembunyi dan sempit menjadikannya luput dibersihkan. Oleh sebab itu, bagian ini biasanya penuh debu. Bahkan menjadi sarang laba-laba dan kecoa.

Usahakan untuk menjangkaunya tiap kali bersih-bersih. Untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang bersembunyi.

kunjungi juga: vacuum tungau jakarta

  1. Kolong Tempat Tidur

Saat bersih-bersih kamar tidur, apakah kolong ranjang selalu Anda bersihkan? Sebagian besar orang melewatkan bagian ini. Entah itu karena lupa atau malas melakukannya.

Untuk membersihkan bagian ini, sebaiknya lakukan setiap hari. Usahakan sapu setiap pagi dan pel 2 hari sekali.

  1. Bawah Meja dan Sofa

Bagian bawah perabot ini memang seringkali luput dibersihkan. Selain karena jarang terlihat. Berat dan celahnya yang sempit juga jadi alasan. Itu sebabnya banyak orang melewatkan membersihkannya.

Alhasil, bagian ini pun kerap menjadi sarang debu. Bahkan tak jarang hingga ada sarang serangga dan laba-laba.

Anda tentu tidak ingin hal itu bukan? Maka dari itu, jangan lupakan bawah meja dan sofa. Pastikan Anda menjangkau bagian ini saat bersih-bersih rumah.

  1. Keran Air

Terakhir, bagian rumah yang luput dibersihkan adalah keran air. Walau bagian ini sangat sering dipegang. Nyatanya keran memang kerap terlupakan.

Padahal, keran air secara umum sangat mudah kotor. Bakteri dari tangan akan cepat berpindah. Jamur dan lumut juga mudah tumbuh disekitarnya.

Untuk itu, jangan lupa bersihkan bagian keran air. Dengan mengelapnya setiap hari menggunakan desinfektan.

Kapan Waktu Harus Membersihkan Rumah?

Jika bertanya kapan waktu harus membersihkan rumah. Jawaban masing-masing orang bisa berbeda-beda. Ada yang wajib setiap 1 atau 2 hari sekali. Ada juga yang mungkin 1 minggu sampai 1 bulan sekali. Jadi, mana yang paling tepat?

Untuk hal ini sebenarnya tidak ada patokan yang pasti. Tapi setidaknya pastikan rutin menyapu setiap hari. Dan bersihkan perabot dari debu. Sementara untuk bersih-bersih rumah secara menyeluruh. Anda bisa lakukan seminggu sekali.

Kotoran memang sangat mudah menempel di setiap sudut rumah. Baik itu pada lantai, perabotan atau dinding sekalipun. Karenanya, Anda wajib rutin membersihkan rumah. Dengan tanpa melewatkan bagian manapun.

Untuk itu, perhatikan bagian rumah yang luput dibersihkan. Dan pastikan Anda tidak melewatkannya. Supaya rumah Anda benar-benar bersih tanpa kotoran.