Apakah Aman Gigi Berlubang yang Dibiarkan Saja?

Banyak orang yang masih mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Seharusnya, periksa kesehatan gigi ke dokter gigi terbaik di tangerang selatan dilakukan secara rutin.

Jika mengabaikan periksa gigi secara rutin, akan menyebabkan rentan mengalami masalah gigi berlubang. Biasanya, gigi berlubang sering terjadi pada anak-anak.

Akan tetapi, masalah gigi dan mulut dapat terjadi juga di orang dewasa yang tidak memberikan perhatian terhadap kebersihan gigi. Perlu dipahami, bahwa membiarkan gigi berlubang ternyata akan memberikan dampak buruk seperti memicu infeksi pada jaringan tubuh. 

Lalu, apa saja dampak yang akan kita rasakan jika membiarkan gigi berlubang? Yuk simak penjelasan dampak dari gigi berlubang di bawah ini!

Dampak Gigi Berlubang

  1. Merasakan Nyeri yang Tidak Tertahankan

Nyeri yang Anda rasakan bergantung pada seberapa besar lubang yang ada pada gigi. Bisa jadi, rasa nyeri datang dan bertahan selama beberapa saat, lalu menghilang.

Akan tetapi, rasa sakit tersebut akan datang lagi dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi. 

  1. Abses Gigi

Gigi berlubang yang dibiarkan begitu saja dan tidak ditangani oleh dokter gigi terbaik di tangerang selatan akan menyebabkan terjadinya infeksi. Selain itu, terdapat kemungkinan infeksi menyebar ke bagian jaringan lunak, mulai dari rahang, pulp, dan juga mulut.

Infeksi yang terlalu parah dapat menyebabkan munculnya abses atau kantong berisi nanah di sekitar gigi atau gusi.

  1. Masalah Gusi

Penyakit gusi bisa muncul dengan gejala peradangan pada gusi yang diikuti dengan rasa nyeri. Bahkan, penyakit tersebut dapat menyerang gusi sehat lain.

Hal itu membuat gusi terlihat membengkak dan berwarna kemerahan. Pada kasus gigi berlubang yang sudah parah, Anda juga bisa mengalami kondisi yang disebut dengan periodontitis.

  1. Penyakit Stroke dan Jantung

Ternyata, gusi yang mengalami luka bisa memicu masuknya bakteri dari mulut ke aliran darah. Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan infeksi pada otot jantung yang ada di bagian dalam.

Begitu juga dengan risiko terjadinya stroke.

Itulah beberapa dampak yang akan Anda rasakan jika membiarkan gigi berlubang. Oleh karena itu, segeralah periksa gigi di dokter gigi terbaik di tangerang selatan jika mengalami masalah pada mulut dan gigi.