Dasar Hukum Mutasi Karyawan

 

Mutasi kerja adalah perihal yang legal dikerjakan perusahaan. Ini karena dasar hukum mutasi karyawan tertulis didalam Undang-Undang Nomor 13 th. 2003 tentang Ketenagakerjaan, lebih tepatnya pasal 31 dan pasal 32.

Pasal 31 sesuaikan bahwa karyawan yang merupakan tenaga kerja mempunyai hak untuk pilih sampai berubah jabatan dan penghasilan yang layak. Pasal ini jadi patokan bahwa karyawan sanggup mengajukan mutasi mandiri.

Namun, Undang-Undang Ketenagakerjaan tidak memaksa perusahaan untuk perhatikan ini supaya perusahaan mempunyai hak untuk menyebabkan ketentuan tersendiri tentang pengajuan mutasi berdiri sendiri oleh karyawan. Jadi, kamu sanggup menanyakan ke HRD atau staf berkaitan tentang ketentuan pastinya.

Pasal 32 didalam ayat 1, 2, dan 3 menjelaskan bahwa perusahaan mempunyai hak dan kewajiban untuk memasang karyawan di posisi yang sesuai dengan kemampuannya. Penempatan ini tentu saja dikerjakan secara terbuka dan objektif supaya karyawan yang akan diberikan mutasi juga harus diberikan penjelasan terutama dahulu.

Ketika karyawan dan perusahaan sepakat akan mutasi tersebut, perusahaan harus beri tambahan kontrak baru yang menjelaskan jabatan, tanggung jawab, dan segala ketentuan yang mengikat karyawan di posisi baru tersebut sesuai dengan Pasal 54.


Nah, itulah tadi Info tentang mutasi kerja yang harus kamu pahami. Jika mutasi kerja adalah perihal yang tidak kamu harapkan, kamu juga sanggup mempertimbangkannya untuk tidak mengambil tawaran mutasi. Namun, sebagai gantinya, biasanya perusahaan cuma menawarkan untuk terima pengunduran diri kamu.

Kamu tidak harus khawatir, KitaLulus sanggup menolong kamu melacak solusi ketika kamu idamkan mengundurkan diri dari posisi sekarang, yaitu melacak opportunity di tempat lain.

Kamu sanggup melacak informasinya di aplikasi KitaLulus yang mempunyai lebih dari 92.000 lowongan kerja dari 50.000+ perusahaan kredibel di seluruh Indonesia. Dengan begitu, kamu sanggup mendapatkan peluang kerja baru sesuai permohonan kamu.

almutasi.com